Cemilan Para Raja, Ini Cara Bikin Bolu Berendam, Kudapan Khas Rengat

Bolu-Baghondam.jpg
(istimewa)

Laporan: Dwi Fatimah

 

RIAUONLINE, PEKANBARU – Bolu Baghondam (bolu berendam) adalah salah satu kuliner khas Rengat, Indragiri Hulu. Dulunya menjadi makanan para raja. Bolu berendam khas dengan warna kuning dan berbentuk bunga. Dinamakan bolu berendam karena penyajiannya direndam terlebih dahulu dan disajikan dengan kuah larutan gula memiliki cita rasa manis dan lembut.

 

Meski disajikan dalam keadaan basah, uniknya bolu berendam tidak hancur dan tetap memiliki tekstur yang padat, tidak sama dengan bolu pada umumnya. Selain itu, bahan baku pembuatannya juga berbeda dari bolu pada umumnya. Dimana dalam pembuatan bolu tepung, gula dan telur harus dalam komposisi yang pas, sedangkan bolu berendam hanya memerlukan sedikit tepung dan adonan gula dan telur yang dominan.

 

Makanan khas masyarakat Melayu Rengat ini hanya bisa dijumpai pada hari hari khusus seperti Ramadan, hari Raya Idul Fitri atau acara pernikahan saja. Tidak sembarangan orang yang dapat membuat bolu berendam, hanya orang tertentu yang dapat membuatnya karena membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi dan banyak pantangannya.

Pada proses pembuatan bolu berendam tidak boleh menggunakan listrik, jika menggunakan mixer listrik memang telurnya akan mengembang, namun akan memiliki tekstur yang bantat.

 

Ada teknik khusus ketika mengocok telur hingga mengembang. Jika terlalu cepat, rasa bolu tak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, pantangan yang harus diikuti adalah sang pembuat kue tidak sedang dalam keadaan datang bulan dan tidak boleh berkata-kata kasar. Untuk membuat bolu berendam tersebut memerlukan waktu kurang lebih dua jam.

 

Bolu berendam juga masuk kategori 10 Besar Hidangan Tradisional Terpopuler 2017 pada Anugerah Pesona Indonesia yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata.

 

Berikut riauonline.co.id berikan resep dan cara membuat bolu berendam khas Rengat.


 

Bahan bolu :

1.    5 butir telur ayam

2.    ½ gelas gula pasir (100gr )

3.    1 gelas tepung terigu ( 200gr)

4.    Vanili secukupnya

Bahan kuah :

1.    Gula Pasir 100gr

2.    Kulit manis secukupnya

3.    Daun pandan secukupnya

4.    Pewarna makanan (kuning) secukupnya

Cara memasak bolu :

1.    Masukkan telur dan gula ke dalam wadah, kocok hingga mengembang. Perlu diperhatikan untuk mengocok telur harus manual tanpa menggunakan mixer. Karena hal ini akan mempengaruhi tekstur dari bolunya nanti.

2.    Setelah mengembang kemudian tambahkan tepung ke dalam adonan, kemudian aduk kembali sampai semua bahan tercampur.

3.    Kemudian tambahkan sedikit vanili.

4.    Setelah semua bahan teraduk rata,  masukkan bolu ke dalam Loyang yang sudah disediakan dan panggang beberapa menit hingga teksturnya sempurna.

5.    Setelah bolu masak, panaskans sedikit air. Setelah mendidih masukkan bolu yang sudah masak ke dalam air, rendam lalu diangkat.

Cara memasak kuah :

1.    Panaskan sedikit air.

2.    Masukkan gula pasir kemudian kayu manis, daun pandan dan tambahkan sedikit pewarn makanan kuning.

3.    Setelah semua bahan selesai dimasak masukkan Bolu kedalam kuah, dan bolu pun siap disajikan.

 


Sumber foto: bolu berendam/ mymindomerida.blogspot.com