Laksamana Mengamuk Jadi Minuman Favorit Warga saat Berbuka Puasa

Es-Laksamana-mengamuk.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Buka puasa memang paling enak dengan sajian dingin dan manis, hal itu menjadi keseruan di bulan Ramadan menyiapkan menu buka puasa yang menggugah selera.

Salah satu minuman yang populer di Provinsi Riau jelang berbuka puasa yakni Es Laksamana Mengamuk. Panganan manis ini merupakan minuman yang banyak dikonsumsi saat buka puasa.

Seorang peracik minuman Es Laksamana Mengamuk, Andang menceritakan, alkisah pada zaman dahulu ada seorang laksamana yang mengamuk karena tidak kebagian buah kweni.

“Kemudian ada seorang perempuan masih mempunyai sisa buah  kweni, dan dibuatkanlah minuman dari mangga kweni tersebut sehingga laksamana itu tidak mengamuk lagi, itu cerita dari masyarakat,” ujarnya.

Es Laksamana Mengamuk menggunakan bahan utama mangga kweni , selain itu  sajian manis ini menggunakan  biji selasih serta santan sebagai bahan pelengkapnya.

“Bahannya sendiri itu ada kweni, kemudian selasih dan ada santan, itu untuk khasnya laksamana mengamuk,” jelas Peracik Minuman Es Laksamana Mengamuk, Andang, Jumat, 16 April 2021.

Bulan Ramadan tahun ini, menjadi momen minuman Es Laksamana Mengamuk sebagi sajian pilihan untuk berbuka puasa.


Andang menambahkan, minuman ini sangat diminati masyarakat saat bulan Ramadan, bahkan banyak yang datang dari luar Provinsi Riau untuk mencicipi minuman khas dari Riau tersebut.

 

“Banyak juga warga dari luar provinsi Riau datang untuk mencicipi minuman khas ini,” tuturnya.

 

Minuman ini banyak dipilih sebagai hidangan berbuka puasa karena menyegarkan dan bisa disantap sebelum makan hidangan berat seperti nasi.