Sepekan Jelang PSU Rohul, KPU dan Bawaslu Optimistis Lancar dan Sukses

Penandatangan-Pakta-Integritas.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PASIR PENGARAIAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, bersungguh-sungguh dan menyukseskan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Kepala Daerah (PSU Pilkada) pada 25 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Tambusai Utara, Tambusai Utara, Rabu (21/4/2021) mendatang.

Kesungguhan menyelenggarakan PSU tersebut dibuktikan dengan pembacaan dan penandatangan Pakta Integritas oleh ketiga pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati, KPU, Bawaslu, Kapolres, Kajari, dan Dandim 0313/KPR, Senin (12/4/2021), di Convention Hall Utama Umar Bin Khatab Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu.

"PSU kali ini tanpa ada kampanye, langsung pemungutan suara ulang. Kami siap menyukseskan pelaksanaan PSU Rokan Hulu dengan diawasi dari Bawaslu serta pengamanan dari Bapak-bapak Polisi dan TNI," ungkap Ketua KPU Rohul, Elfendri.

Ketiga Paslon Bupati-Wakil Bupati yang hadir tersebut antara lain nomor urut 1 diwakili Sarkawi, nomor urut 2 Sukiman-Indra Gunawan dan nomor urut 3, Hafith Syukri-Erizal.

Ketua KPU Elfiandri mengajak kepada semua komponen masyarakat Rohul untuk bersama-sama menyukseskan PSU 21 April 2021 mendatang. Apalagi diselenggarakan di bulan suci Ramadhan.

KPU, tuturnya, mengharapkan adanya pengawasan secara profesional dari Bawaslu dalam tahapan PSU. Sehingga terpilih pimpinan benar-benar berkualitas.

"Untuk berita berita hoaks, mari bersama-sama kita redam, guna menghidari informasi akan membuat keresahan di tengah masyarakat," pintanya.


Sementara itu, Ketua Bawaslu Rohul, Fajrul Islami Damsyir Ali mengatakan, Bawaslu siap mengawasi semua tahapan PSU di 25 TPS di Desa Tambusai Utara. KPU dan Bawaslu, tuturnya, sangat mumpuni dan sanggup menyelenggarakan PSU sesuai aturan berlaku.

Untuk itu, pintanya, Bawaslu Rohul meminta dukungan kepada pemerintah agar menjaga netralitas ASN, TNI dan Polri dalam Pilkada Rohul mendatang.

"Kami mengharapkan ketiadaan sosialisasi apapun bentuknya. Artinya sosialisasi hanya dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu pada tahapan PSU ini," jelasnya.

Sedangkan Kapolres Rohul, AKBP Taufik Lukman Nurhidayat mengatakan, Polres telah menyiapkan pengamanan menghadapi PSU 21 April 2021 mendatang.

Kapolres AKBP Taufik Lukman menjelaskan, dari awal tahapan Pilkada 2020 hingga sekarang, situasi keamanan dan ketertiban di Rohul keadaan aman dan tertib.

"Konsekuensi PSU ini kami harapkan profesional penyelenggara untuk menjadikan Pilkada Rohul yang jujur, adil, Aman dan Damai. Saya sangat yakin KPU dan Bawaslu mumpuni untuk itu," kata Kapolres yakin.

KPU sebagai unsur penyelenggara, Bawaslu pengawas dan Polri unsur pengamanan harus bersinergi dalam menjalankan putusan MK tersebut.

Sementara itum Bupati Rohul, Sukiman menyatakan, Pemerintah Kabupaten benar-benar mengharapkan pelaksanaan PSU nantinya berjalan dengan aman dan tertib.

"Saya berharap pelaksanaan PSU nantinya berjalan aman dan tertib dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," pintanya.