Cara Fotografer Pekanbaru Bertahan Saat Pandemi

fotografer.jpg
(joglosemar news)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak bagi pedagang maupun jasa transportasi. Tapi juga berimbas pada pendapatan fotografer profesional.

Biasanya, fotografer memperoleh pundi-pundi dari jasa pemotretan wedding organizer (nikahan) dan acara lainnya. Namun sejak adanya kebijakan pembatasan kegiatan akibat pandemi Covid-19, job motret sepi.

Mensiasati hal itu, sekumpulan Fotografer Profesional di Pekanbaru punya cara tersendiri agar tetap survive.

Dengan kameranya, pecinta fotografi saat ini memiliki trik jitu mengalihkan bidikan kamera dengan job baru mereka.

Yakni memotret sekumpulan komunitas ataupun perorangan yang tengah berolahraga. 


Ide ini timbul dari seorang Fotografer Profesional Pekanbaru, Donald agar bisa bertahan hidup di tengah Pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 membuat kami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup, makanya timbul ide dengan memotret sekumpulan orang yang tengah berolahraga," ucap Pencetus trik jitu (jasa motret baru) Donal kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 12 April 2021.

Usai dipotret (foto), fotografer akan memposting di media sosial Instagram dengan nama @sport.fotopku.

"Usai diposting, nanti kita beritahu orang yang difoto kalau aktivitas olahraga terkena bidikan lensa. Jika mereka minat dengan foto yang kita ambil bisa menghubungi langsung fotografer yang mengambil foto tersebut," tambah Donald.

Setelah menghubungi Fotografer, orang yang terbidik lensa tadi akan melakukan negosiasi dengan pihak fotografer dengan melakukan jasa jual beli foto tersebut.

"Untuk orang yang terbidik lensa, bisa membeli foto dari fotografer yang memotret dengan harga Rp 100 ribu untuk tiga buah foto," ujarnya.

Cara pembayaran bisa dilakukan dengan Cash On Delivery (COD) dan bisa lewat transfer ke rekening pemotret.

"Bagi pecinta fotografi yang bingung cara mendapatkan uang, silahkan bergabung dengan forum kami dengan menerapkan aturan yang sudah ditetapkan," pungkasnya.