Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan Cukup dan Stabil

pedagang-beras.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, menyebut ketersediaan bahan pokok menjelang Bulan Ramadan masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pekanbaru. 

 

Selain itu, stabilitas harga bahan pokok di pasaran juga masih stabil dan belum mengalami kenaikan jelang ramadan ini. 

 

Hal ini disampaikan Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut dalam rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) satbilisasi bahan pokok jelang bulan ramadan, di Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Kamis 8 April 2021.

 

Ingot mengungkapkan, melihat dari aktivitas masyarakat saat ini dalam konsumsi bahan pokok masih stabil. "Ketersediaan bahan pokok masih sangat baik. Kita lihat dari aktivitas masyarakat sebagai salah satu dari barometernya. Ini masih mencukupi," kata Ingot. 

 

Namun, pihaknya mengantisipasi terjadi peningkatan permintaan jelang bulan ramadan. Karena biasanya menjelang ramadan masyarakat lebih konsumtif. 

 


Masyarakat memiliki tradisi dalam menyambut bulan ramadan, melaksanakan syukuran dan kegiatan lainnya yang membuat lebih konsumtif. 

 

"Kemudian selama ramadan pola konsumsi juga mengalami perubahan. Ini yang kita antisipasi. Kita juga koordinasi dengan daerah penghasil," terangnya. 

 

Ia mengaku, informasi dari daerah pemasok bahan pokok masih normal untuk didistribusikan ke Kota Pekanbaru. "Pada umumnya saat ini harga stabil, ketersediaan bahan pokok stabil, permintaan stabil," jelasnya.

 

 

Selain itu, bagaimana supaya dapat menjaga aktivitas distribusi bahan pokok tetap lancar. Jika ada gangguan dalam distribusi, ini yang menyebabkan cos (biaya) meningkat. Jika cos meningkat harga bahan pokok akan naik. 

 

"Ke depan ada operasi pasar. Kita bersama PT SPP akan membuat pasar murah pada ramadhan ini," tutupnya.