Penyuntikan Vaksin Bagi Lansia di Pekanbaru Belum Efektif dan Capai Target

vaksinasi-manula2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Capaian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat lanjut usia atau lansia di Kota Pekanbaru masih rendah. Proses penyuntikan vaksin bagi lansia masih di bawah 30 persen.

 

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, saat ini baru 26,75 persen lansia sudah disuntik vaksin. Jumlah lansia yang mendapat suntik vaksin kini mencapai 6.552 orang. 

 

Total ada 24.493 orang lansia yang jadi target pemberian vaksin. Ada 17.941 orang lansia belum mendapat vaksin Covid-19.

 


"Jumlah ini belum termasuk tenaga publik yang juga disuntik vaksin saat ini. Maka dinas kesehatan mesti melakukan percepatan dalam menggesa proses vaksinasi," tegas Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Kamis 8 April 2021.

 

Ia memaparkan, proses pemberian vaksin di rumah sakit maupun di puskesmas belum efektif. Padahal jumlah rumah sakit di kota ini ada 32 rumah sakit.

 

 

Ada juga 21 puskemas yang menyebar di seluruh kecamatan. Jumlah ini belum termasuk klinik yang juga melayani pemberian vaksin.

 

Firdaus pun mendorong agar dinas kesehatan rutin menggelar vaksinasi massal. Ia menilai upaya ini untuk menggesa pemberian vaksin agar target vaksinasi tercapai hingga akhir tahun 2021.