Puskesmas Diminta Kerjasama Dengan RT RW Percepat Vaksinasi

Vaksinasi-lansia2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengingatkan kepada seluruh kepala puskesmas agar percepat pelaksanaan vaksinasi di puskesmas.

 

Ia menyebut, proses vaksinasi berlangsung di 21 puskesmas. "Mereka bisa bekerjasama dengan RT dan RW setempat untuk menggesa vaksinasi bagi lansia," ujarnya.

 

Para kepala puskesmas tidak bisa menunggu masyarakat datang ke lokasi vaksin. Mereka digesa agar pro aktif mengajak masyarakat lansia untuk disuntik vaksin.

 

Satu cara menggesa vaksinasi dengan vaksinasi massal. Jamil pun mengimbau seluruh kepala puskesmas bisa bekerjasama dengan lurah dan camat setempat.


 

"Ini sudah arahan pemerintah pusat, agar proses vaksinasi digesa. Jangan menanti tahapan berikutnya," jelasnya.

 

Jamil menyebut bahwa capaian vaksinasi di kawasan puskesmas jadi satu penilaian kinerja. Mereka yang tidak bisa menggesa proses vaksinasi bakal diganti.

 

Penanganan stunting juga jadi perhatian bagi para kepala puskesmas. Mereka bisa kordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru serta camat dan lurah dalam mengoptimalkan penanganan stunting.

 

"Jangan sampai ada kasus gizi buruk lagi di Kota Pekanbaru," paparnya.

 

Sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus melakukan penyegaran terhadap para kepala puskesmas di Kota Pekanbaru. Mereka menjalani pelantikan di aula Kantor Wali Kota Pekanbaru, Tenayan Raya, Kamis 25 Maret 2021.