Imbas Pandemi, Anggaran Seluruh OPD di Pemko Pekanbaru Dipotong 15 Persen

Muhammad-Jamil5.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru bakal mengalami pemotongan anggaran. Besaran pemotongan anggaran mencapai 15 persen.

 

Adanya pemotongan anggaran seiring refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Seluruh OPD pun digelar segera melaporkan adanya pemotongan anggaran ini.

 

"Kita sudah minta secara sukarela untuk memotong anggaran seluruh OPD minimal 15 persen," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Jumat 2 April 2021.

 


Lebih lanjut dikatakannya, seluruh OPD harus memuntaskan pemotongan anggaran pada pekan ini. Ia mengingatkan seluruh OPD agar menggesa proses pemotongan anggaran.

 

"Secepatnya laporkan pemotongan anggaran, jangan sampai dana alokasi umum kita tertunda penyalurannya," tukasnya.

 

Jamil tidak ingin ada OPD yang lamban menyampaikan laporan keuangan. OPD harus rutin menyampaikan laporan keuangan setiap bulan. Ia bakal melakukan evaluasi terhadap laporan itu setiap tiga bulan.

 

OPD yang lamban melaporkan laporan keuangan nantinya mendapat bimbingan tersendiri. Adanya bimbingan ini untuk melihat kendala pelaporan keuangan itu di OPD tersebut.

 

"Nanti dalam sisi laporan bisa kita percepat. Maka buat laporan keuangan per bulan," jelasnya.