DLHK Pekanbaru Bakal Tambah Dua Alat Berat di TPA Muara Fajar

Sampah-meluber.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengeloaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar menggunakan alat berat yang disewa. DLHK pun berencana menambah dua unit alat berat yang baru untuk membantu pengelolaan sampah di TPA.

 

Kedua unit alat berat yakni ekskavator dan dozer. Saat ini masuk proses lelang dan diharapkan bisa tuntas dalam sebulan. Pnambahan alat ini untuk mengoptimalkan manajemen pengangkutan sampah.

 

"Saya ingatkan agar optimalkan manajemen pengelolaan sampah di TPA," ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Raja Marzuki, Jumat 2 April 2021.

 

Menurutnya, manajemen TPA harus menerapkan sanitary land field. Apalagi ada penilaian terhadap TPA dari Kementrian LHK.

 


"Maka saya akan pantau manajemen sampah di TPA, pengelolaannya harus dioptimalkan," jelasnya.

 

Marzuki mengingatkan operator angkutan  sampah hendaknya masuk ke areal TPA Muara Fajar. Ia mengimbau agar mereka tidak membuang sampah di tepi akses jalan ke TPA.

 

Dirinya mengaku sudah memerintahkan petugas TPA agar memantau terus kondisi pembuangan sampah ke TPA. Ia tidak ingin sampah kembali meluber ke jalan.

 

"Sudah kita arahkan kabid persampahan agar timnya di TPA Muara Fajar bisa siaga. Kita ingin mereka mengawasi langsung," tegasnya.