Curhatan Kadiskes Riau Mimi: Setiap Hari Ada Saja Menelepon, Minta Plasma Konvalesen

plasma.jpg
(Wayan)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menceritakan tingginya permintaan plasma konvalesen untuk kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau, terutama di Kota Pekanbaru.

Mimi menuturkan, bahkan hampir setiap hari menerima telepon masuk untuk meminta plasma konvalesen. Ia melanjutkan, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih di rawat di rumah sakit membutuhkan plasma konvalesen.

"Nah kita sama-sama mengetahui, bahwa saat ini kebutuhan plasma darah konvalesen sangat tinggi untuk peningkatkan kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Riau. Jadi memang Pak Wali Kota (Pekanbaru) setiap hari ada saja yang menelpon untuk meminta plasma konvalesen," kata Mimi, Sabtu, 27 Maret 2021, bertempat di Hotel Furaya Pekanbaru.

Namun demikian lanjut Mimi, saat ini plasma konvalesen masih terbatas karena harus mengikuti tahapan dan prosedur yang ada.

"Namun, demikian kita masih keterbatasan ya sehingga ini memang sangat berguna kegiatan kita hari ini, karena tidak semua yang terkonfirmasi, bisa diambil plasmanya, karena mengikuti tahapan-tahapan yang ada," ungkapnya.


Mimi menyebut Pemerintah Provinsi Riau mendukung penuh kegiatan bakti sosial donor 3000 kantong darah, atau donor plasma konvalesen.

"Tentu untuk pasien-pasien sedang terkonfirmasi Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit yaitu untuk plasma konvalesen. Nah pemerintah provinsi riau mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kota dan semua pihak yang mendukung kegiatan ini," ujarnya

Menurutnya kegiatan donor darah tentunya sebagai kesempatan untuk menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

"Jadi, kita memberikan donor atau plasma konvalesen bagaimana kita sudah merasakan bagaimana terkonfirmasi Covid-19. Tentu, kita tidak menginginkan orang yang terkonfirmasi sekarang tidak sehat," pungkasnya.

Kegiatan donor darah dan plasma konvalesen dilaksanakan mulai tanggal 21-27 Maret 2021 digelar Pemerintah Provinsi Riau bersama Relawan Covid-19 Riau, Pemerintah Kota Pekanbaru, UTD PMI Kota Pekanbaru, serta dukungan dari puluhan perusahaan yang ada di Riau, TNI/Polri, dan semua pihak yang ikut berpartisipasi.

Sementara untuk jumlah pendaftar vaksinasi Covid-19 yaitu berjumlah 6.999 orang yang divaksin sebanyak 5.965 orang, sedangkan untuk pendaftar peserta donor plasma konvalesen sebanyak 60 orang, tetapi yang memenuhi syarat hanya ada 16 orang.