Warga Diimbau Tetap Waspada Karhutla, Firdaus: Ini Hujan Buatan

Firdaus11.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE,PEKANBARU - Hujan yang turun beberapa hari ini di Kota Pekanbaru ternyata hasil rekayasa cuaca. Hujan buatan itu hasil rekayasa cuaca untuk membantu upaya pemadaman lahan terbakar.

"Itu hujan buatan, tim tanggap darurat Riau membuat hujan buatan termasuk di Pekanbaru," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Jumat 26 Maret 2021, usai Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanggulangan Karlahut di Kota Pekanbaru.

Firdaus mengimbau masyarakat mesti mewaspadai ancaman cuaca ekstrim di Riau. Menurutnya, ada ancaman perubahan cuaca lebih eksterim.

Kondisi ini menimbulkan potensi ancaman bencana kebakaran lahan. Ia pun mengingatkan agar mengantisipasi kebakaran lahan sejak dini terutama di kawasan rawan.

Dirinya berpesan agar semua pihak mempersiapkan diri. "Antisipasi bersama tim yang bertugas, semoga bisa mengantisipasi dari dini dan mencegah bencana kebakaran lahan," paparnya.

Firdaus memimpin langsung apel tersebut. Ia juga melihat kesiapan alat dan armada pemadam kebakaran lahan.

"Apel ini sebagai bentuk kesiapan menghadapi ancaman karlahut. Apalagi Riau sudah ditetapkan siaga darurat bencana kabut asap," tutupnya.