Rumah Sakit Prima dan Andini Akan Dipanggil Dewan Terkait Limbah dan IPAL

Sigit-Yuwono7.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono mengatakan, pasca Inpeksi Mendadak (Sidak) yang dilaksanakan Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru di Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) Andini dan Rumah Sakit (RS) Prima, pihaknya akan kembali mengundang dua rumah sakit ini untuk hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, kunjungan Komisi IV DPRD Pekanbaru bertujuan melihat sistem limbah dan instalasi limbah dari rumah sakit, pengecekan satu persatu IPAL rumah sakit.

"Temuan sidak kita kali ini tidak ditemukan apa-apa. Selanjutnya, kita akan undang kembali dua rumah sakit ini untuk hearing bersama Komisi IV untuk mencari solusi terbaik. Seperti apa permasalahan di rumah sakit itu. Karena ini salah satunya untuk menjaga kesehatan bersama. Kita akan minta denah instalasi, kamar mandi, limbah operasi sampai limbah akhirnya itu seperti apa," katanya.


Untuk RS Prima, Sigit memberikan apresiasi terhadap RS Prima Pekanbaru yang sudah mengelola IPAL Rumah Sakit dengan baik. Ditambah dengan teknik membuat kolam resapan seperti ternak ikan. Hal ini dinilai sebagai langkah membantu Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam mengatasi masalah banjir yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kita lihat di RS Prima, dalam sistem air limbah mereka itu ada membuat percontohan semacam ternak ikan. Jadi maunya kita, seluruh Rumah Sakit seperti itu. Sebelum dibuang akhir, ada semacam kolam buat resapan ini," pungkasnya.