Masyarakat Jangan Lagi Buka Lahan Dengan Bakar, Pemprov Sudah Siapkan 12 Alat Berat

Syamsuar78.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara bakar.

Pemprov Riau saat ini sudah menyiapkan 12 unit alat berat mini yang dapat membantu para petani di 12 Kabupaten/Kota membuka lahan tanpa membakar.

"Kekuatan personil nanti ada dari TNI/Polri, ada dari Badan Penanggulangan Bencana, termasuk MPA, ini kalau personil kita mau lebih 10 ribu dari keseluruhan semuanya, karena itu sekarang kita sudah siap, dan tentunya ada juga dukungan dari dunia usaha banyak terhadap penanganan kebakaran lahan dan hutan," kata Syamsuar, Selasa, 16 Maret 2021, usai apel siaga pecegahan Karhutla di Riau bertempat di Halaman Kantor Gubernur.


Syamsuar berharap Karhutla di Riau bisa diatasi secara bersama-sama.

"Tentunya kebakaran hutan dan lahan yang telah terjadi ini dapat kita atasi secara bersama. Tadi telah disampaikan Pak Kapolda beberapa orang yang telah ditangkap ada enam Kapolres tadi yang sekarang sudah ditangani oleh Pak Kapolda," ujarnya.

Karhutla sering terjadi di Riau setiap tahunnya. Oleh karena itu, arahan Bapak Presiden harus dilaksanakan permanen.

"Pertama mengolah lahan tanpa bakar. Maka kami sekarang juga mempersiapkan alat. Alat ini nantinya dapat diharapkan membantu para petani kita yang tidak mampu. Selama ini cara mengolah lahan dengan cara membakar, ini diolah dengan peralatan yang kita persiapkan. Sekarang ada 12 unit untuk kabupaten/kota, iya ekskavator kecil, kalau besar nanti amblas dia," pungkasnya.