Ustaz Abdul Somad Bikin Yayasan Tabung Wakaf Umat, Ini Tujuan Mulianya!

Yayasan-Tabung-Wakaf-Umat-YTWU.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Ustaz Abdul Somad (UAS) beserta beberapa sahabatnya menginisiasi bangunnya Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU) dengan visi terwujudnya lembaga independen yang dipercaya masyarakat.

Mempunyai kemampuan dan integritas untuk mengembangkan perwakafan dalam rangka berkhidmat kepada umat dan menjadi percontohan secara global.

Pengurus YTWU, Alnof D mengatakan, YTWU yang terbentuk pada 6 Juni 2020 lalu ini memiliki 14 macam jenis wakaf yang bisa dijadikan pilihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berwakaf. Pertama, Wakaf Pesantren. Program wakaf pesantren ini adalah program membangun pesantren Nurul Azhar untu anak dhuafa, anak yatim, dan anak-anak pelosok-pelosok negeri dengan tujuan menjadi Hafizh Al Qur’an.

“Selain menjadi hafizh juga fasih ilmu-ilmu keislaman, memiliki lifeskill, dan kecerdasan yang tinggi,” katanya.


Program wakaf kedua adalah wakaf wakaf pendirian islamic centre. Ketiga, wakaf orang tua asuh. Program wakaf orang tua asuh ini dijelaskan Alnof adalah program menyekolahkan anak-anak dhuafa dan yatim, terutama anak-anak yang berasal dari pedalaman di lembaga pendidikan yang ada dibawah naungan YTWU dan mitra.

Lebih lanjut, Alnof menjelaskan, program keempat adalah infaq operasional yayasan. Program kelima, waqaf honor guru ngaji dan bina muallaf. Kelima, program wakaf kitab/buku. Program wakaf kitab/buku ini, YTWU memberikn kitab/buku kepada santri di pesantren, juga kepada perpustakaan pesantren dan perpustakaan islamic centre dibawah YTWU.

“Diberikan juga kepada masyarakat sebagai upaya untuk mencerahkan dan meluruskan pemahaman umat,” ujarnya.

Program wakaf keenam adalah program wakaf jeruk nipis. Wakaf jeruk nipis adalah program wakaf produktif yang ditujukan untuk penanaman jeruk nipis dilahan-lahan wakaf. Hasil penjualannya digunakan untuk mendukung biaya operasional yayasan, kegiatan dakwah, pendidikan, sosial, dan ekonomi keumatan.

“Ada 14. Yang lainnya ada program wakaf Al Qur’an, SPBU, zakat, infaq perlengkapan santri, maidatur ramadhan, tebar Qur’an bersama UAS, dan khitanan massal,” pungkasnya.