22 Ribu Lebih Lansia Pekanbaru Belum Terima Vaksin

vaksin-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE,PEKANBARU - Puluhan ribu masyarakat lanjut usia (lansia) di Kota Pekanbaru belum mendapat suntikan vaksin Covid-19. Ada 22.111 orang lansia belum mendapat suntikan vaksin saat ini.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, total sasaran lansia yang bakal mendapat suntikan sebanyak 24.493 orang. Jumlah lansia yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Pekanbaru baru mencapai 2.382 orang.

"Ini masih jauh dari total sasaran lansia yang bakal menerima suntikan vaksin. Kita kini berupaya menggesa pemberian vaksin bagi lansia," terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Minggu 14 Maret 2021.

Ia mengatakan bahwa pihaknya berupaya menggesa proses pemberian vaksin bagi lansia. Mereka menggandeng sejumlah pihak untuk menggesa proses penyuntikan vaksin.


Tim menggesa pemberian vaksin lewat kegiatan vaksinasi massal. Vaksinasi Massal bagi lansia sudah digelar sebanyak dua kali. Vaksinasi massal pertama di gedung serba guna IKPTB Pekanbaru, kemudian di Furaya Hotel Pekanbaru.

Proses pemberian vaksin Covid-19 bagi masyarakat lansia di Pekanbaru bergulir sejak awal Maret 2021 ini. Lansia menjadi prioritas dalam pemberian vaksin tahap II term I.

Lansia bisa datang ke layanan kesehatan dengan menunjukkan KTP dan memeriksakan kondisi kesehatannya. Mereka yang tidak punya gejala penyakit bisa datang ke puskesmas terdekat.