Waspada, Virus Corona B117 Lebih Mudah Menular, Indra Yovi: Jangan Lengah

dr-Indra-Yovi5.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengatakan saat ini Provinsi Riau harus mewaspadai mutasi virus B117 asal Inggris.

 

Ia bahkan sempat mendiskusikan mutasi virus B117 bersama Gubernur Riau Syamsuar satu bulan lalu.

 

"Isu yang ingin saya sampaikan terdapatnya mengenai mutasi virus B117 Covid-19 SARS-CoV-2 yang sudah ditemukan di Indonesia," kata Indra Yovi, Rabu, 10 Maret 2021, saat konferensi pers di Gedung Daerah Pekanbaru Jalan Diponegoro.

 

Indra Yovi menuturkan satu bulan yang lalu, ia sudah diskusi dengan Bapak Gubernur Riau.

 


"Saya sudah menyampaikan, kalau Provinsi Riau harus mewaspadai dengan tiga mutasi. Bukan cuman mutasi dari B117 dari Inggris, juga mutasi virus yang terdapat di Brazilia, Afrika Selatan, dan Inggris," ungkap Indra Yovi

 

Menurutnya kebetulan yang masuk adalah yang masuk B117. Ini menjadi dasar, padahal waktu sebulan yang lalu belum ada rilis, belum ada kasus. 

 

"Tapi, kita sudah berdiskusi dengan Bapak Gubernur sebagai Ketua Satgas Covid-19 di Provinsi Riau. Dan kita sudah melakukan beberapa strategi-strategi khusus seandainya terjadi hal ini. Karena kalau kita lihat perbedaan antara virus SARS-CoV-2 sekarang dengan mutasi B117, perbedaan utamanya adalah transmisinya lebih gampang," sambung Indra Yovi

 

Indra Yovi melanjutkan kalau transmisi lebih gampang, berarti orang yang kena juga lebih gampang. Jadi, jumlah dikhawatirkan meningkat. 

 

 

"Nah, inilah yang menjadi juga perhatian kita bersama, supaya kita tidak lengah. Walaupun, kita dibilang bagus, dibilang ada kestabilan dalam manajemen penata laksanaan atau tindakan kasus Covid-19 di Provinsi Riau, tidak menjadikan kita lengah, karena ini tetap menjadi perhatian kita bersama," pungkasnya.