Ratusan Warga Lansia Semangat Ikut Vaksinasi Covid-19

vaksin-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Hari ke dua vaksinasi massal, ratusan warga lansia antusias mendatangi gedung serba guna IKPTB. Mereka datang sejak pagi, ada yang datang sendiri maupun diantar keluarganya.

Para lansia menunggu dengan tertib di kursi yang telah disediakan. Mereka yang mendapatkan vaksin gratis adalah warga berusia 60 tahun ke atas.

Pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk warga lansia oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru bersama dengan Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Pekanbaru (IKPTB). Mereka menargetkan vaksinasi bagi 1000 lansia.

Mereka bergantian mendapat vaksin pada hari kedua vaksinasi massal. Para petugas kesehatan juga membantu proses vaksinasi.

Ketua Harian IKPTB Pekanbaru, Dirmanto mengatakan bahwa hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan vaksinasi massal bagi lansia. Vaksinasi hari ini bagi lansia yang belum mendapat suntikan vaksin, Selasa kemarin.


"Hari ini kelanjutan vaksinasi hari pertama," terangnya kepada riauonline.co.id, Rabu 10 Maret 2021.

Ia menuturkan, vaksinasi massal hari pertama ada 629 orang lansia mendapat suntikan vaksin. Sebanyak 500 dosis vaksin tersedia pada hari kedua penyelenggaraan vaksinasi massal.

Dirmanto menyebut vaksinasi hari kedua tidak cuma bagi lansia yang belum mendapat suntik vaksin. Ada juga lansia yang baru mendaftar hari ini untuk mendapat vaksin.

"Jadi ada kemungkinan vaksin bagi 500 orang, bisa juga lebih nanti yang mendaftar. Jumlah calon penerima vaksin terus bertambah," ujarnya.

Dirmanto memastikan proses penyelenggaraan vaksinasi massal berjalan tanpa kendala. Pihaknya bersama tim dari kesehatan serta sejumlah rumah sakit sudah menyiapkan ruang khusus.

Ruang itu nantinya menjadi rujukan awal bagi lansia yang mengalami gejala mengkhawatirkan usai disuntik vaksin. Ada juga empat unit ambulans.