En Chun Kui Merasa Lega Ditemani Istri saat Ikuti Vaksinasi Massal

Vaksinasi-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Ribuan warga lanjut usia (lansia) ikut proses penyuntikan vaksin Covid-19, Selasa 9 Maret 2021. Mereka mendatangi Gedung Serbaguna IKPTB sejak pagi hari.

 

Begitupun dengan En Chun Kui. Ia datang sejak pukul 07.30 WIB. Ditemani sang istri, En langsung menuju meja pendaftaran yang disediakan petugas kesehatan.

 

Usai mendaftarkan diri, ia harus mengikuti proses screening. Petugas pun memeriksa kesehatan dan tekanan darah. Tak lama kemudian En menuju meja vaksinasi. Ia langsung disuntik vaksin Covid-19.

 

"Rasanya biasa saja, tidak ada apa-apa. Tidak ada persiapan khusus. Saya datang bersama istri yang juga divaksin," jelasnya kepada riauonline.co.id usai disuntik vaksin.

 

Setelah disuntik vaksin, pria 61 tahun ini harus menunggu selama 15 menit. Ia akan dipanggil lagi oleh petugas kesehatan guna pemeriksaan gejala usai disuntik vaksin. Ada meja observasi yang juga disediakan.


 

Pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk warga lansia oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru bersama dengan Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Pekanbaru (IKPTB). Mereka menargetkan vaksinasi bagi 1000 lansia.

 

Sepuluh tim juga disiapkan untuk melakukan vaksinasi. Diskes juga bekerjasama dengan Sejumlah rumah sakit di Pekanbaru. 

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Noer memastikan pihaknya siap mengantisipasi penerima vaksin yang mengalami efek samping. Ia tetap mengantisipasi walau berharap tidak ada yang mengalami efek samping pasca vaksin.

 

"Kita siap, ambulance kita siapkan. Semoga tidak ada yang terjadi. Tapi kita siap antisipasi," terang Noer.

 

 

Dirinya mengantisipasi para tenaga kesehatan agar tidak terlalu lelah. "Kalau antusiasnya tinggi, jumlahnya banyak kita sambung sampai hari besok. Lokasinya di sini," pungkasnya.