Dana Infrastruktur Kecil, Dinas PUPR Ingin Berhutang Untuk Perbaikan Jalan

jalan-rusak-parah-d.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Riau, Taufiq menjelaskan permasalahan mendasar dalam pembangunan infrastruktur di Riau, yaitu kontur tanah sebagian besar terdiri dari lahan gambut.

Menurutnya hal ini perlu penanganan khusus dan teknologi. Anggaran yang dibutuhkan juga sangat besar, sementara dana untuk infrastruktur saat ini hanta Rp1,1 Triliun.

Menurutnya, Dinas PUPRPKPP Riau berupaya memberikan kontribusi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan karena itu nantinya akan meningkatkan perekonomian suatu daerah.

"Dari perhitungan Dinas PUPRPKPP Riau, anggaran pembangunan infrastruktur kita paling tidak membutuhkan dana sekitar 15 Triliun, sedangkan untuk sekarang ini kita hanya mendapatkan 1,1 Triliun. Artinya kita tidak bisa melakukan lompatan-lompatan untuk pembangunan infrastruktur jalan," kata Taufiq, Sabtu, 27 Februari 2021, saat dialog dan silaturahmi bersama FKPMR di RM. Pondok Patin, Jl. Kaharuddin Nasution.


Pihaknya juga seudah berupaya bekerja sama dengan pihak ketiga dengan pola peminjaman selama 15 tahun yang akan dibayar pemerintah. Hal ini sudah dilakukan Pemkab Pelalawan.

"Untuk tahun lalu kita sudah berupaya untuk melakukan program ke Menteri Keuangan RI yakni melakukan pinjaman dengan tanpa bunga, hal ini dilakukan untuk menyelesaikan jalan-jalan yang berskala prioritas," ujarnya.

Ia berharap tahun 2021 bisa mendapatkan pinjaman dari pusat untuk dana perbaikan jalan prioritas.

"Namun tahun lalu kita tidak bisa mendapatkannya, akan tetapi kita akan mencoba mengusulkan untuk tahun ini melakukan berupa pinjaman Kementerian Keuangan RI. Kita berharap mudah-mudahan tahun ini bisa kita mendapatkannya, karena kita sangat membutuhkan perbaikan jalan-jalan skala prioritas," pungkasnya.

Seperti, Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) menggelar dialog dan silaturahmi perdana di tahun 2021 bersama Dinas PUPRPKPP Riau membahas tentang perkembangan pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau.