Nelayan Asal Cerenti Selamatkan Seekor Buaya Muara Terperangkap Dalam Lukah

buaya-muaa.jpg
(robi)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Rustam Efendi, yang sehari-hari berprofesi sebagai nelayan di Sungai Kuantan berhasil menyelamatkan seekor buaya muara yang terperangkap dalam Lukah (perangkap ikan dari bambu) di Desa Sikakak, Kecamatan Cerenti, Rabu, 24 Februari 2021 sekitar pukul 08.30 WIB.

Meskipun sempat terperangkap dalam Lukah, namun kondisi buaya muara berukuran lebih kurang 1,5 meter ini ditemukan dalam keadaan hidup dan sehat.

"Saat itu Rustam Efendi langsung memberitahukan kepada Kepala Desa Sikakak dan disampaikan kepada Polsek untuk ditindaklanjuti," ujar Kapolres Kuansing, AKBP Henky Poerwanto melalui Kapolsek Cerenti, AKP Lumban G Toruan melalui keterangan tertulis, Rabu, 24 Februari 2021.


Awalnya Rustam Efendi tidak menyangka Lukah tersebut akan dimasuki oleh seekor buaya. "Saat mengangkat Lukah ditemukan seekor buaya yang sudah terperangkap," kata Kapolsek.

Dengan adanya temuan seekor buaya tersebut, disampaikan Kapolsek, pihaknya bersama anggota langsung membantu masyarakat mengamankan buaya tersebut.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak BKSDA Riau. Buaya ini akan diserahkan kepada pihak BKSDA untuk selanjutnya dilakukan pelestariannya," pungkasnya.