Sebelum "Beranak-Pinak", Mardianto Minta Rumah Liar di Pekanbaru Dibongkar

rumah-liar3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Semakin menjamurnya rumah liar, Pengamat Perkotaan Universitas Islam Riau (UIR), Mardianto Manan meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk membasmi seluruh rumah liar yang ada di Kota Pekanbaru. Pembasmian ini bertujuan agar Kota Pekanbaru tampak bersih.

“Selain itu, pembasmian ini juga untuk menghindari konflik besar yang bisa saja terjadi apabila rumah liar telah membumi disuatu lokasi,” katanya kepada wartawan.

Manan juga bercerita, beberapa waktu lalu, dirinya melewati Jalan Arengka diseberang Rumah Sakit (RS) Eka Hospital lebih tepatnya didepan Hotel Olgaria. Ia menemukan disitu ada satu rumah liar yang didindingnya memampang segala macam baju compang-camping.


“Didalamnya ada orang tidur dan ada sepedanya juga,” ujarnya.

Lebih lanjut, Manan mengatakan, terkait rumah liar ini, tidak ada satupun tanggapan Walikota Pekanbaru dan Satpol PP. Dirinya khawatir, jika satu hingga dua orang dibiarkan begitu saja, setelah ramai baru ditangkap maka akan susah. Bukan soal kemanusiaan, tetapi itu lokasi pusat kota yang dimana ramai orang berlalu lalang.

“Udah jelek lokasinya, baru ditangkap. Orang sudah membumi disitu. Berdarah-darah pula nanti. Kalau mau visioner, bercita-cita smart city, harusnya yang mengganggu pemandangan seperti ini langsung dibasmi,” pungkasnya.