Berdoa di Klenteng Hock Siu Kiong, Apeng Minta Covid-19 Enyah dari Bumi

Klenteng-Hock-Siu-Kiong.jpg

Laporan: SAHRIL RAMADANI

RIAUONLINE, SIAK- Jemaat Klenteng Hock Siu Kiong di Kabupaten Siak, Riau hingga Jumat 12 Februari 2021 malam berdatangan melakukan ibadah tahun baru Imlek 2021.

Karena masih pandemi Covid-19, perayaan Imlek tahun ini tak sesemarak tahun-tahun sebelumnya. Semua aktivitas, termasuk peribadatan di klenteng juga tidak padat. Tak terlihat adanya antrean mengular memasuki area peribadatan.

Pantauan Riauonline.co.id, gerbang pintu masuk klenteng yang berdiri tahun 1898 itu juga ditutup. Hanya jemaat yang diperbolehkan masuk. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, warga yang ingin berswafoto di bawah lampu lampion di dalam kawasan klenteng diperbolehkan.

Salah satu jemaat, Apeng (46) mengatakan, Imlek tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 lah yang membikin semarak tahun baru Imlek 2021 tidak semeriah dulu.


"Iya. Emang tak rame. Beda kayak tahun-tahun sebelumnya. Penyebabnya, ya karena Corona," kata Apeng ditemui Riauonline.co.id usai berdoa di klenteng Hock Siu Kiong.

Apeng pun datang lengkap dengan tiga anak dan istrinya. Ia mendoakan agar wabah Corona berakhir sehingga semua aktivitas bisa kembali normal.

"Doa kita di tahun Kerbau ini, Corona bisa secepatnya henyah dari bumi ini. Agar tahun depan perayaan Imlek semeriah tahun-tahun sebelumnya," ujar Apeng.

Sebab kata Apeng, karena pandemi Covid-19, dia juga membatasi tamu yang datang ke rumahnya untuk merayakan Imlek. Hanya beberapa sanak saudara yang tinggal di Siak diterima olehnya.

"Itupun harus menerapkan protokol kesehatan. Bukan kita pelit. Namun untuk menghindari kerumunan. Begitupula saya dan anak istri, agak takut juga bertamu ke rumah sanak saudara," kata dia.