Azhar: Persoalan Sampah Bukan Hanya Tanggung Jawab Pemerintah

Loader2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Azhar kini menggantikan sementara tugas Kadis LHK. Ia ditunjuk sebagai pengganti oleh Wali Kota Pekanbaru, Selasa 9 Februari 2021.

Azhar berujar, persoalan tumpukan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Ia menilai harus ada peran aktif semua pihak bersama menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Karena sampah ini tidak akan pernah selesai, selalu ada," ujarnya, Kamis 11 Februari 2021.

Ia menyebut, DLHK terus menjalin koordinasi dengan seluruh kecamatan, kelurahan serta instansi teknis lainnya guna percepatan penyelesaian persoalan sampah.


"Seperti hari ini, kita koordinasi dengan Camat Tenayan Raya dan Kulim untuk penyelesaian sampah di Jalan Pesantren dan Daru-daru," ungkap Azhar.

Percepatan penanganan sampah ini merupakan tindak lanjut dari upaya yang telah dilakukan Kadis LHK, Agus Pramono yang kini dinonaktifkan oleh Wali Kota Pekanbaru dari jabatannya.

"Jadi saya hanya melanjutkan apa yang sudah dibuat pak Agus, karena dia masih tetap Kepala DLHK. Semua kebijakan, itu tetap saya koordinasikan dengan beliau," ujarnya.

Ia mengajak semua pihak bekerjasama mengatasi persoalan sampah di Kota Pekanbaru. Menurutnya, kerjasama perlu dilakukan hingga dipastikan rekanan yang melakukan pengangkutan sampah.