ACT Riau Kirim Bantuan 9,5 Ton Sembako untuk Sulbar dan Kalsel

ACT-Riau5.jpg
(Dokumentasi Tim ACT Riau)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau menggalang bantuan untuk korban bencana Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Bantuan masyarakat itu akhirnya terkumpul 9,5 ton logistik yang kemudian dikirim menggunakan Kapal Kemanusiaan.

 

“Sebelumnya ACT sudah mengirimkan 1.000 ton logistik menggunakan Kapal Kemanusiaan yang bertolak dari Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta menuju Sulbar,” kata Wahyu Suryanda Head Of Marketing Komunikasi, Minggu 7 Februari 2021.

 

Ia menjelaskan, bantuan yang terkumpul berupa pakaian baru, susu, minyak, beras, makanan ringan, air mineral, peralatan kebersihan hingga obat-obatan di Posko lumbung bantuan dari ACT Riau. Logistik yang terkumpul di Kantor ACT Riau dan diberangkatkan menggunakan truk menuju gudang logistik di Sumatera Barat.

 

“Ceremonial pelepasan ini kita mulai hari ini untuk pemberangkatan Kapal Kemanusiaan melalui Pelabuhan Teluk Bayur, untuk area Sumatera kita targetkan sebanyak 1.000 ton yang disupport dari cabang-cabang ACT di Sumatera,” jelas Wahyu.

 


Menurutnya, setelah pelepasan ini mereka juga akan terus membersamai masyarakat yang terdampak bencana melalui program recovery ACT. Mereka membangun shelter, perbaikan masjid dan fasilitas yang rusak serta pembenahan ekonomi masyarakat.

 

“Masih banyak yang akan kita lakukan untuk masyarakat di sana, kita akan terus beriktiar mengumpulkan kedermawan masyarakat pekanbaru untuk saudara-saudara kita disana,” lanjutnya.

 

Selain mengirimkan bantuan, relawan ACT yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Riau ikut menggerakkan relawan dalam misi kemanusiaan ini.

 

 

“Relawan kita di berbagai daerah di Riau juga terlibat menghimpun bantuan untuk bencana yang terjadi saat ini," imbuhnya.