Dinas PUPR Wacanakan Pembuatan Sumur Resapan, Kok Ngak dari Dulu?

Sumur-resapan2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ada 375 titik masalah banjir dan ada 112 titik banjir yang akan Dinas Pekejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera tuntaskan. Ada beberapa tindakan yang akan dilakukan Dinas PUPR terkait permasalahan banjir di Kota Pekanbaru ini. 

 

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, ada beberapa tindakan yang akan dilakukan untuk masalah banjir. Ada yang green struktur dan ada yang gray struktur. Di green struktur sendiri salah satunya adalah sumur resapan. 

 

"Terkait sumur resapan ini, akan kita sosialisasikan. Nanti kita bagikan ke titik-titik dimana titik-titik banjir yang perlu ditangani oleh masyarakat," katanya. 

 


Indra juga mengatakan, dengan adanya sumur resapan ini, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Pihaknya akan segera sosialisasikan dengan camat, lurah, dan forum RT RW yang ada di Kota Pekanbaru. 

 

 Lebih lanjut, Indra menjelaskan jika seandainya di Kota Pekanbaru ini 200 ribu rumah saja memiliki sumur resapan dengan volume empat kubik saja, akan bisa menampung berapa juta kubik air yang bisa tersimpan ditanah. 

 

 

"Air tanah kita tetap tersedia. Sisa dari itu, baru masuk ke saluran-saluran," pungkasnya.