DLHK Tambah 15 Unit Kendaraan Angkutan Sampah

Sampah-jalan-melati.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIUONLINE, PEKANBARU - Saat ini Ada puluhan unit armada yang mengangkut sampah 15 kecamatan Kota Pekanbaru. Mereka mengangkut sampah dari titik pembuangan sementara menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru menambah jumlah armada angkutan sampah. Total saat ini ada 52 unit armada yang mengangkut sampah seluruh wilayah kota.

"Kita menambah kendaraan sebanyak 15 unit angkutan sampah," terang Kadis LHK Kota Pekanbaru, Agus Pramono, Jumat 5 Februari 2021.

Semula jumlah armada angkutan sampah sebanyak 37 unit. 22 di antaranya unit kendaraan dari DLHK Kota Pekanbaru. Sedangkan 15 unit lainnya merupakan kendaraan swakelola yang disewa.


"Mudah-mudahan dengan 52 unit sudah normal untuk pengangkutan sampah," jelasnya.

Agus menuturkan, armada angkutan bergerak dari pagi mengangkut sampah di 15 kecamatan. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak membuang sampah pada siang hari.

Ia mengaku jumlah armada ini belum bisa mengakomodir penangkutan sampah. Proses pengangkutan minimal dua hari sekali sebagai upaya mencegah penumpukan sampah.

Ia mengajak masyarakat bisa mengikuti jadwal membuang sampah yang ada. Sampah bisa dibuang di tempat penampungan sementara pukul 19.00 WIB hingga 05.00 WIB.

"Saya harap masyarakat bisa membuang ke TPS, proses pengambilan sampah akan diambil pagi hari," paparnya.