Harap Bersabar, Vaksinasi untuk Warga di Pekanbaru Masih Lama

Nakes-disuntik.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Vaksinasi sudah mulai dilakukan sejak 13 Januari lalu yang diawali dengan divaksinya Presiden Republik Indonesia. Di Pekanbaru sendiri, menurut keterangan dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, vaksinasi masih dalam tahap tenaga kesehatan (nakes). 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru, M Noer mengatakan, pihaknya masih fokus memberikan vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua untuk nakes. Setelah vaksinasi selesai dilakukan kepada nakes, selanjutnya vaksinasi akan dilakukan kepada pelayan publik dan juga TNI Polri.

 

"Untuk masyarakat belum, nakes ditargetkan 40 hari bisa selesai. Kita juga dapat informasi kemungkinan ada vaksin untuk usia 60 tahun ke atas, tapi kita (Diskes) belum ada gambaran seperti apa," katanya saat dijumpai di Kantor DPRD Kota Pekanbaru. 

 

M Noer juga mengatakan, terhitung sejak Senin,1 Februari 2021, nakes yang sudah menerima vaksin di Pekanbaru ada sebanyak 4710 Nakes. Data ini baik nakes interna maupun external, artinya ada yang dari pemerintah dan juga non pemerintah. 

 


Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru ini juga belum bisa memastikan  kapan pelayan publik sendiri akan dilakukan vaksinasi. Karena seluruh kegiatan vaksinasi tergantung stok vaksin yang diberikan oleh negara untuk Provinsi Riau dan juga stok yang diberikan oleh Pemprov Riau untuk Kota Pekanbaru.

 

 

"Ini semua bertahap, dan presiden juga pernah menyampaikan target vaksinasi ini sendiri selama satu tahun. Tentu kami akan jalankan intruksi yang diberikan oleh Presiden, Pemprov Riau dan juga Pemko Pekanbaru," pungkasnya.