Tak Habis Pikir, Pemko Malah Kembalikan Bantuan saat UMKM Terpuruk

UMKM2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Hampir seluruh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengalami penurunan omzet ditengah pandemi Covid-19 ini. Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru lebih memperhatikan UMKM yang telah mengalami dampak dari pandemi Covid-19 ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan Pemko untuk membantu membina UMKM selama pandemi ini, menurut Sabarudi adalah dengan memaksimalkan bantuan UMKM. Baik itu bantuan-bantuan yang diterima dari pemerintah pusat atau bantuan-bantuan lainnya.

“Yang saya sayangkan, kemaren ada bantuan dari pemerintah pusat, tapi uangnya tidak dimaksimalkan. Malah dikembalikan ke pusat. Seharusnyakan, itu disosialisasikan kepada UMKM, kemudian diarahkan agar UMKM dapat bantuan tersebut,” katanya kepada wartawan.


Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengatakan, hampir seluruh UMKM mengalami penurunan omzet. Itu kenapa pemerintah harus serius memperhatikan UMKM agar dapat bertahan selama krisis pandemi Covid-19 ini. Karena, tulang punggung perekonomian Kota Pekanbaru berasal dari UMKM.

“Sampai sekarang, setahu saya, Pemko Pekanbaru belum ada kasih bantuan apapun untuk UMKM,” pungkasnya.