Penggali Kubur Bikin 4 Lubang Per Hari untuk Korban Covid-19 di TPU Palas

Penggali-kubur6.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tengku Mahmud Palas dijadikan sebagai tempat pemakaman pasien meninggal Covid-19.

 

Untuk pasien meninggal, Penggali kubur Subhan Zein mengaku telah menyiapkan lobang sebanyak 8 buah untuk persiapan jika ada pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia.

 

Namun karena tingkat kematian semakin berkurang, lobang kubur yang disiapkan juga berkurang.

 

"Biasanya kita menyediakan lobang kubur 8 per hari, namun karena tingkat kematian sudah berkurang, hanya 3-4 lobang saja per harinya," ucap Subhan Zein kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa 2 Februari 2021.


 

Petugas penggali kubur yang biasanya berjumlah 6 orang, kali ini hanya 4 orang saja yang ditugaskan untuk menggali makam pasien meninggal Covid-19. Duanya lagi dialihkan ke TPU untuk membersihkan rerumputan yang sudah meninggi.

 

Selain itu, Subhan juga menceritakan total makam yang ada di TPU Tengku Mahmud Palas sudah mencapai 500 lebih.

 

"Dari satu hektare lahan TPU ini, sudah ada 500 lebih pasien yang meninggal Covid-19 dimakamkan disini," pungkasnya.

 

Subhan juga mengungkapkan tingkat kecemasan yang dirasakan saat terkena atau terdampak Covid-19 saat menggali kubur juga tidak begitu besar.

 

 

"Karena sudah terbiasa, jadi tidak terlalu takut terkena Covid-19, terus kita juga selalu menggunakan APD lengkap dalam menguburkan pasien meninggal Covid-19," terangnya.