Sigit Minta DLHK Jangan Salahkan DPRD Jika Lelang Kembali Gagal

warung-pasang-terpal2.jpg
(DEFRI CANDRA/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sampah semakin menggunung dibeberapa titik Kota Pekanbaru. Salah satu penyebabnya, gagalnya lelang di awal Januari 2021 lalu. 

DPRD Kota Pekanbaru meminta sampah untuk di swakelola, tapi saran tersebut di tolak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. 

 

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono menegaskan jika pelelangan nantinya kembali gagal, DLHK jangan mencari kesalahan pihak lain. 

 

"Seandainya lelang kembali gagal jangan saling menyalahkan, kita minta DLHK ada rencana A dan B. Rencana A sudah jelas gagal lelang, sekarang lelang lagi. Kalau gagal lagi jangan nanti ada masalah lagi," katanya kepada wartawan. 


 

Politisi Partai Demokrat ini mengingatkan karena pelelangan gagal, DLHK harus memperhatikan nilai dari nominal yang sebelumnya. Hal tersebut karena jumlah bulan yang akan dikerjakan oleh pihak ketiga otomatis sudah berbeda.

 

"Tinggal 10 bulan, tentu harganya harus kurang. Jangan salahkan DPRD jika nanti lelang kembali gagal, karena DPRD sudah memberikan solusi. Sementara dari DLHK tidak ada solusi dan memaksakan pihak ketiga, mudah-mudahan lelang kedua berhasil," ujarnya. 

 

Lebih lanjut, Sigit mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru jangan memaksakan kehendaknya menggunakan jasa pihak ketiga untuk pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru.

 

 

"Sampai hari ini mungkin DLHK belum memasukan berkas untuk tayang di LPSE," pungkasnya.