BentroK Kelompok Tani di Rohul, Satu Tewas

penembakan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, ROKANHULU - Dua kelompok tani di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darusaalam, Kabupaten Rokan Hulu terlibat bentrok. Satu orang dilaporkan tewas atas insiden tersebut.

Korban tewas setelah terkena tembakan senapan angin di bagian kepala.

Peristiwa berawal dari kelompok petani Purba dan kawan-kawan mendatangi kebun milik kelompok Puskopkar.

Kelompok Purba menyerang kelompok Puskopkar menggunakan senjata tajam, dodos, parang, dan bebatuan yang ada di kebun milik kelompok Puskopkar, di Kilometer 41 Dusun Rintis, Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam.

Karena diserang, kelompok Kopkar melakukan perlawanan, dengan menggunakan senapan angin dan senjata tajam yang ada di barak. Serangan balik ternyata membuat Kelompok Purba mundur.


Kapolres Rokan Hulu, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, mengatakan, akibat bentrokan tersebut, tiga orang dari kelompok Purba menjadi korban, satu di antaranya meninggal dunia, dan dua orang mengalami luka berat.

“Korban meninggal dunia atas nama Dearmando Purba, dari hasil pemeriksaan visum luar menyatakan sebab meninggal akibat luka tembak senapan angin,” ucap Kapolres Rohul.

Kapolres Rohul, menambahkan, akibat kejadian tersebut, petugas telah meminta keterangan 15 orang yang berada di lokasi saat kejadian.

“Kemudian dari hasil pemeriksaan para saksi-saksi yg dilakukan oleh penyidik yang ditemukan di lokasi, ditetapkan satu orang inisial RP sebagai tersangka terkait dengan bentrok yang mengakibatkan korban Dearmando meninggal dunia,” ujar AKBP Taufiq.

Selanjutnya, petugas menyita barang bukti satu pucuk senapan angin beserta 11 butir peluru serta dua buah proyektil yang bersarang di tubuh korban.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 338 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.