Tim Gegana Ledakkan Granat Aktif Demi Keamanan

tim-gegana.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Demi keselamatan, Tim Gegana Brimob Polda Riau, jinakkan dan musnahkan granat nenas aktif yang ditemukan pekerja material sirtu di Rokan Hulu, Rabu, 20 Januari 2021.

Tim Gegana Brimob Polda Riau meledakkan granat nenas aktif yang ditemukan pekerja material di Kabupaten Rokan Hulu.

Setelah mendapat informasi adanya temuan granat nenas aktif di Kecamatan Kunto Darussam, Kabupaten Rokan Hulu, Tim Gegana berangkat menuju lokasi penemuan dan melakukan upaya evakuasi.

Setiba di lokasi dan diperiksa oleh Tim Brimob, ternyata granat masih aktif dan kondisinya sudah cukup tua dan berkarat.


Karena tidak mengetahui, granat nenas aktif ini sempat dicuci oleh pekerja material, tanpa mengetahui akibat yang ditimbulkan jika granat tersebut meledak.

Menghindari adanya korban akibat ledakan yang ditimbulkan, Tim Gegana memindahkan granat tersebut ke lolasi yang aman dan jauh dari maysarakat, untuk dimusnahkan.

Kapolda Riau, Irjen Agung Setia Imam Effendi, mengatakan, granat tersebut langsung dimusnahkan di lokasi.

“Iya granat tersebut langsung dimusnhakan di lokasi,” ucap Kapolda Riau.

Diberitakan sebelumnya, pekerja material pasir batu (sirtu), yang berada di Desa Kota Intan, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, temukan bahan peledak Granat Nanas, dari dalam lumpur.

Granat nenas itu ditemukan oleh pekerja di PT. IPB pada hari Selasa 19 Januari 2021, sekitar pukul 17.00 WIB. Ketika pekerja itu sedang berada di bagian penyaringan sirtu dan lumpur.
Pekerja tersebut melihat segumpal tanah, yang bentuknya mencurigakan. Ia kemudian mengambil gumpan tanah tersebut kemudian pecah, dan terlihat ada besi berbentuk bulat, menuerupai granat.