Suntik 694.687 Orang Penerima Vaksin, Pekanbaru Siapkan 261 Vaksinator

vaksinasi-perdana-di-Riau5.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARUVaksinasi covid-19 di Kota Pekanbaru akan diberikan kepada 694.687 orang penerima vaksin. Untuk mensukseskan program vaksinasi tersebut, sebanyak 261 vaksinator disiapkan di berbagai fasilitas layanan kesehatan.

 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi Saragih mengatakan para vaksinator yang terdiri dari para dokter tersebut telah menjalani pelatihan. Sehingga mereka ditempatkan di berbagai rumah sakit, puskesmas dan klinik.

 

"Vaksinator di rumah sakit ada sebanyak 155 orang, kemudian di puskesmas 105 orang dan klinik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) 1 orang," ungkap dr Zaini, Ahad 18 Januari 2021 kemarin.

 


Ditambahkan dr Zaini, vaksinasi si Kota Pekanbaru dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahap awal diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. Di tahap pertama setidaknya terdapat 1.733 tenaga kesehatan yang akan divaksin.

 

Usai seluruh nakes divaksin, penyuntikan vaksin Sinovac dilanjutkan kepada pejabat publik, anggota TNI dan Polri, serta aparat penegak hukum lainnya. Vaksinasi ini akan terus berlangsung di 31 rumah sakit, 21 puskesmas, dan 1 Klinik kantor kesehatan pelabuhan (KKP).

 

Selanjutnya, vaksin tersebut untuk tokoh masyarakat, tokoh agama, pelaku perekonomian strategis dan perangkat daerah. Dilanjutkan para guru, tenaga kependidikan, aparatur pemerintah pusat, aparatur daerah, anggota legislatif, dan kelompok usaha produktif.

 

 

"Vaksinasi ini akan berlangsung hingga sembilan bulan kedepan bahkan lebih. Mengingat banyak jumlah penerima vaksin dan vaksinasi sendiri berlangsung secara bertahap," jelasnya.