Parisman Ikhwan: Sampah Catatan Buruk Pemko Pekanbaru

Parisman-Ikhwan5.jpg
(Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru, Parisman Ikhwan menyebut permasalahan sampah merupakan catatan buruk bagi pemerintah kota Pekanbaru.

Parisman mengaku sudah mendapat banyak laporan foto terkait sampah menggunung di berbagai lokasi di Pekanbaru.

"Saya banyak dapat kiriman foto dan laporan dari masyarakat, mereka sudah sangat risih dengan masalah sampah. Dan saya juga sudah sangat sering menerima keluhan masyarakat soal sampah ini," Ujar Parisman, Senin 4 Januari 2021.

Sayangnya, keluhan-keluhan masyarakat ini tidak dijawab oleh Pemko Pekanbaru melalui aksi nyatanya, sehingga permasalahan ini terus terjadi secara berulang-ulang.

Dari foto-foto yang ada, menurut Iwan, permasalahan sampah sudah klimaks dimana hampir di semua daerah terjadi penumpukan sampah akibat tidak adanya mobil yang mengangkut ke TPA.


Atas hal ini, Parisman meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera menuntaskan persoalan sampah yang sudah dikeluhkan oleh masyarakat di Pekanbaru.

Ia menegaskan kondisi ini tidak boleh terjadi. sebagai ibu kota kata dia, Pekanbaru harus memberikan contoh yang baik untuk kabupaten/kota lain. Apalagi, Pekanbaru pernah menjadi kota terbersih dan mendapatkan piagam adipura.

Berdasarkan informasi yang dia terima, permasalahan terjadi akibat kelalaian dari Dinas terkait dalam menunjuk kontraktor yang melakukan distribusi sampah dari masyarakat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Menurutnya, kelalaian ini tidak boleh terjadi, dan masyarakat memerlukan tindakan kongkret Pemko untuk menyingkirkan gunungan sampah tersebut

"Masyarakat itu tidak tahu masalah kontrak kerja ini, yang masyarakat tahu itu cuma bagaimana sampah itu bisa dibereskan dari pemukiman mereka," tegasnya.

Ia menyebut hal ini sejatinya kewenangan dari Pemko Pekanbaru sehingga dia tidak bisa melakukan intervensi langsung. Namun, dia sudah menyampaikan hal ini kepada rekan-rekannya di DPRD Kota Pekanbaru.