Sahabat Berbagi Riau Beri Beasiswa untuk Penghafal Alquran

Sahabat-Berbagi-Riau2.jpg
(SBR)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Sejak tahun 2017 terbentuk sebuah komunitas sosial bernama Sahabat Berbagi Riau (SBR). Komunitas ini aktif memberikan berbagai donasi kepada orang yang membutuhkan.

 

SBR mengusung sebuah progam mulia yaitu program beasiswa bagi anak-anak pengahafal Al-Quran di SQC (Syiar Qur’an Center) setiap bulannya. Beasiswa diadakan agar memicu semangat anak-anak untuk menghafal Al-Quran.

 

Siswa yang terdaftar di SQC sekitar 170 orang. Pemberian beasiswa berupa uang tunai Rp 30 ribu per orang.

 

SBR memberlakukan sistem orangtua asuh untuk siswa SQC. Anggota SBR akan ditawarkan menjadi orangtua asuh.

 

“Satu orangtua asuh bisa memiliki lebih dari satu anak sesuai dengan kemampuan,” ujar Rifqi, Humas SBR.

 

Namun, jika jumlah beasiswa yang terkumpul tidak cukup untuk seluruh siswa maka donasi beasiswa akan diserahkan kepada pengelola SQC. Sehingga pengelola SQC yang akan menentukan penerima beasiswa yang paling tepat.


 

“Biasanya SQC akan melihat progres hafalan siswa sebagai standar penerima beasiswa,” ucap Sisie, bendahara SBR.

 

Saat kegiatan ulang tahun SBR yang pertama menjadi kegiatan yang berkesan bagi Rifqi. Saat itu SBR berkolaborasi dengan komunitas Rumah Biru dan Kita Peduli. Setelah berkoordinasi tiga komunitas ini harus mengumpulkan donasi sebesar Rp 14 juta dalam waktu satu minggu.

 

“Pusing pasti, kemanalah mau dicari uang Rp 14 juta dalam waktu seminggu,” kata Rifqi.

 

Dengan semangat dan bekal niat baik untuk bisa menyenangkan hati anak-anak penghafal Al-Quran di SQC maka selama seminggu SBR dan dua komunitas lainnya berusaha semaksimal mungkin.

 

Tidak disangka setelah seminggu berusaha hasil donasi yang di dapatkan melebihi target.

 

“Kaget juga ternyata donasi bisa terkumpul lebih dari Rp 14 juta,” ucapnya.

 

SBR sangat bersemangat untuk menjadi wadah dan jembatan kebaikan bagi penyalur donasi. SBR berharap untuk bisa terus menjaga komitmen untuk menyebarkan kebaikan dan terus memberikan manfaat kepada orang yang membutuhkan.

 

Rifqi, berpesan agar bisa terus melakukan kebaikan sekecil apapun yang bisa dilakukan.

 

“Jangan pernah meremehkan kebaikan karena bisa jadi kebaikan itulah nantinya yang akan mendatangkan pertolongan suatu saat nanti,” pungkasnya.

Jika ingin mengetahi info tentang SBR bisa langsung diakses melalui media sosial Instagram @sahabatberbagiriau berikut tertera nomor kontak yang bisa dihubungi