Riau Street Musician Bermusik demi Selamatkan Musik Melayu Riau

Riau-Street-Musician2.jpg
(Riau Online)

Laporan : Hidayatul Fitri

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jika pernah mendengarkan musik Instrumental khas Melayu Riau di Mall yang ada di Pekanbaru maka Anda telah menikmati musik dari para musisi berbakat di Riau.

Musisi ini berasal dari sebuah komunitas bernama Riau Street Musician.

Penampilan komuntas ini banyak mencuri perhatian pengunjung.

“Banyak yang antusias bertanya judul lagu dan alat musik yang kami mainkan,” kata Hardi, musisi Riau Street Musician.

Fokus utama komunitas ini adalah untuk mengenalkan lagu dan alat musik khas Melayu Riau.

Namun, Riau Street Musician juga memainkan genre lainnya untuk memenuhi selera tertentu masyarakat.


Alat musik khas Melayu Riau yang digunakan saat tampil yaitu Gambus, Akordion, Gendang, Talempong dan Randai.

Musisi selalu menggunakan aksesoris kepala berupa tanjak agar lebih terlihat sebagai putra daerah Riau yang peduli dengan eksistensi musik Melayu Riau.

Semangat Riau Street Musician untuk terus mengembangkan musik Melayu Riau membuat semakin banyak musisi yang ingin bergabung dan bermusik bersama.

Motivasi Hardi untuk terus berkarya di Riau Street Musician adalah keinginan menyelamatkan generasi untuk tetap mengenal budaya Melayu Riau khususnya di bidang musik.

“Anak muda saat ini sudah sangat mudah terpengaruh dengan musik modern yang tidak terbendung, sehingga inilah cara kami untuk menyuarakan budaya yang masih harus tetap dijaga agar tidak hilang oleh zaman,” kata Hardi.

Untuk menyelamatkan generasi terhadap pengetahuan musik Musik Melayu Riau, Riau Street Musician juga kerap tampil di sekolah-sekolah Pekanbaru.

Mereka ingin anak muda untuk tetap terbiasa mendengar musik Melayu Riau. Selain itu, mereka juga mengenalkan nama dan cara memainkan alat musik Melayu Riau.

Ia berpesan untuk generasi muda agar mulai mencintai dan mulai ikut mengembangkan atau menyuarakan budaya Melayu Riau.

“Jangan terlalu mengagumi musik luar saja. Padahal, Riau kaya akan budaya yang bisa dikembangkan untuk bisa lebih dikenal dengan masyarakat di Indonesia,” harapnya.

Ia ingin Riau Street Musician menjadi penggerak untuk mengembangkan potensi masyarakat terhadap musik Melayu Riau.

Selain itu ia berharap agar komunitas ini bisa menjadi tempat berkembang dan lebih mengenalkan musisi-musisi berbakat dari Riau.