Kasihan, Harimau Betina Mati Terjerat Sling, Diduga Sudah Mati 10 Hari

Harimau-mati-terjerat3.jpg
(istimewa)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Seekor Harimau Sumatera ditemukan mati di Hutan Produksi sekitar 45 meter dari PT. Seraya Sumber Lestari, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Rabu, 2 September 2020.

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang mendapatkan informasi, selanjutnya menuju lokasi kematian Harimau Sumatera.

“Lokasi ditemukannya harimau, berada di hutan produksi, 45 meter dari batas konsesi PT. Seraya Sumber Lestari,” Kata Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro.


Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, diduga Harimau Sumatera sudah mati selama 10 hari.

“Pada saat ditemukan keadaan bangkai harimau sudah membusuk, diperkirakan kematian sudah 10 hari yang lalu, hasil pemeriksaan bangkai ditemukan jerat seling yang melingkar di bagian leher, jenis kelamin betina, usia dewasa umur 8-9 tahun,” kata Heru Sutmantoro.

Heru Sutmantoro, menambahkan, konservasi satwa liar dilindungi menjadi tanggung jawab semua pihak terutama pemangku wilayah termasuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinisi Riau dan konsesi.

Selanjutnya, Bangkai Harimau sudah dikuburkan di lokasi yang aman dan jauh dari jangkauan pemburu.

“Nekropsi sudah dilakukan dokter hewan dari BBKSDA, namun tidak disertai foto yang bisa dipublikasi,”  tutup Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati.’