Gawat, Tiga Tahanan Positif Covid-19 di Kuansing Kabur saat Petugas Terlelap

Tahanan3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kapolres Kuansing, AKBP Henky Poerwanto merilis kronologis kaburnya tiga tahanan terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isolasi di gedung serbaguna Polres Kuansing.

Kapolres mengatakan, ketiga tahanan tersebut kabur pada Rabu, 26 Agustus 2020 sekitar pukul 05.00 WIB subuh.

Mereka kabur dengan melepas borgol dari tangan pasangan tahanan yang terborgol dengannya. Kemudian lompat melalui jendela bagian atas.

"Diduga seluruh petugas saat itu tengah tertidur," ujar Kapolres melalui keterangan tertulis yang diterima Riau Online, Rabu, 26 Agustus 2020.

Ada 9 personil yang bertugas melakukan penjagaan saat itu terdiri dari 5 personil Polres, 2 dari kejaksaan dan 2 dari lapas.

Kemudian ketiga tahanan yang kabur tersebut di antaranya SP merupakan napi dari Lapas Teluk Kuantan dengan kasus pencurian.


Kemudian I dan U merupakan tahanan Kejaksaan dengan kasus penggelapan.

"Saat ini sedang dilakukan pencaharian terhadap ketiga tahanan yang melarikan diri tersebut," kata Kapolres.

Kapolres mengatakan, sebelumnya ada 19 orang tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi di gedung serbaguna Polres Kuansing sejak 14 Agustus 2020 lalu.

Dimana Dinas Kesehatan Kuansing merekomendasikan gedung serbaguna Polres jadi ruang isolasi.

Adapun rincian tahanan yang menjalani isolasi di gedung serbaguna Polres diantaranya 3 tahanan Lapas, 15 tahanan dari Kejaksaan dan 1 tahanan Polres.

"Dari 19 orang tersebut, 8 orang tahanan dinyatakan sembuh pada 23 Agustus 2020," kata Kapolres.

Tinggal, kata Kapolres, 11 orang tahanan lagi yang menjalani isolasi di gedung serbaguna Polres. Dari 11 tahanan tersebut, katanya, ada tiga melarikan diri subuh (Rabu,red) tadi.

"Saat ini tinggal 8 orang yang menjalani isolasi, tiga sedang dilakukan pengejaran," katanya.