Bikin Bangga, Anak Berbaju Melayu di Uang Pecahan Rp 75 Ribu Warga Pekanbaru

Rahma-Almira-Decymus.jpg
(istimewa)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAU ONLINE,PEKANBARU-Rahma Almira Decymus merupakan sosok anak yang menjadi model di pecahan uang rupiah edisi khusus HUT Ke-75 RI.

Rahma Almira sosok anak yang mengenakan pakaian adat Melayu Riau di pecahan uang rupiah Rp 75 ribu yang diterbitkan Bank Indonesia untuk memperingati 75 tahun Indonesia merdeka.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini, merupakan siswi yang bersekolah di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi, anak ketiga dari pasangan Decymus dan Lusi Andawati.

Decymus, orangtua Rahma, mengatakan dirinya tidak menyangka anak nya akan menjadi model uang pecahan khusus Rp. 75 ribu.


Namun, dirinya sudah mempunyai firasat akan ada sesuatu yang berkaitan dengan uang ketika anak nya difoto oleh tim dari Departemen Pengelolaan Uang dan Peruri.

"Sebagai orang tua saya senang anak saya menjadi model uang pecahan khusus", ungkap Decymus, Orangtua Rahma Almira.

Wajah Anak-anaknya Muncul di Pecahan Uang 75 Ribu, Ini Rasa Bangga ...

Uang pecahan Tp 75 Ribu

Kepala Divisi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah, Ashral Mahuri, menjelaskan, pemilihan Rahma Almira sebagai model Uang Pecahan Khusus berdasarkan focus grup discussion, melibatkan ahli yang berkompeten.

"Dari hasil diskusi dipilihlah dari Pulau Sumatera itu, Provinsi Aceh dan Riau,dari Aceh anak laki-laki, sedangkan Riau, anak perempuan, dengan kriteria anak berusia 9-10 tahun," Ucap Ashral Mashuri.

Ashral Mashuri, menambahkan sudah diputuskan, anak yang anak menjadi model uang pecahan Rp.75 ribu ini adalah anak pegawai Bank Indonesia, untuk Provinsi Riau terpilihlah Rahma karena merupakan satu-satunya calon tunggal anak pegawai Bank Indonesia, perempuan yang berusia 9-10 tahun.

Foto Rahma terpampang di barisan kedua dari kiri uang pecahan Rp 75 ribu tersebut.