Alfedri Minta Baznas Turut Andil Membantu Masyarakat Terpapar Covid-19

alfedri-baznas.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - Bupati Siak Alfedri berharap Baznas Kabupaten Siak secara berkelanjutan membantu masyarakat yang terpapar covid-19 terutama bagi masyarakat muslim.

hal tersebut di sampaikan Alfedri saat penyalurkan zakat tahap V tahun 2020 di Kecamatan Kerinci Kanan, yang di gelar di kampung Simpang Perak Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, Sabtu (15/08/2020).

Penyaluran Zakat Tahap V di Kecamatan Kerinci Kanan senilai Rp 114 319 560 untuk zakat konsumtif, dan Rp.337.560.043, total penyanluran zakat pada tahap V Rp 434.58 889,603.

Alfedri juga menyampaikan bahwa fungsi dan keberadaan Baznas disamping untuk membantu umat yang 8 asnaf, Baznas juga diimbau untuk dapat membantu masyarakat yang terpapar akibat covid 19 ini, sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Direktur utama Baznas RI M.Arifin Purwakananta.

"Baznas menegaskan seluruh penyaluran bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, baik secara sosial, kesehatan maupun ekonomi dapat diberikan untuk mereka yang benar-benar membutuhkan bagi masyarakat muslim," ungkap Alfedri saat menyampaikan ucapan dari Direktur utama Baznas RI M.Arifin Purwakananta.


Zakat yang disalurkan lanjutnya, merupakan hasil pengumpulan zakat yang dikelola oleh Upz Kecamatan Kerinci Kanan.

"Dan hari ini kita salurkan kepada kaum Duafa dan Fakir miskin yang ada di wilayah ini. dan kami memberikan Apresiasi kepada pihak UPZ kecamatan Kerinci Kanan yang setiap tahun menjadi Upz pengumpulan tertinggi di kabupaten Siak, dan disamping itu juga kami berikan Apresiasi kepada Baznas kab Siak karena pengumpulan zakat semakin tahun semakin meningkat, maka hal ini patut kita syukuri," katanya.

"Karena saat ini kita lagi dilanda wabah Covid 19, sehingga banyak masyarakat kita yang ikut terpapar akibat covid 19. Makanya zakat salah satu upaya untuk membantu dan meringankan kebutuhan masyarakat yang terpapar covid 19, khususnya masyarakat muslim yang mustahik", Alfedri menambahkan.

Kepada warga yang berpenghasilan mencapai nisab kata dia, menurut aturan Syariat agar mengeluarkan zakat hasil usahanya dan diserahkan kepada Baznas.

"Saya berharap kepada para mustahik yang telah menerima zakat, agar meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan mendoakan orang yang telah membayarkan zakatnya agar mendapat keberkahan dan terhindar dari segala musibah", harap Bupati Siak itu.

Turut hadir wakil I Ketua Baznas Kab Siak Dadang Saputra, Wakil Ketua III Sulaiman, Wakil Ketua IV Rojikin, Camat Kerinci Kanan, Ketua Upz, KUA dan Penghulu kampung Simpang Perak Jaya kecamatan Kerinci Kanan. (effendi)