Sebanyak 76 Orang di Kuansing Jalani Uji Swab

swab-kuansing.jpg
(FB: Anna Nurfia)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing bersama Puskesmas setempat menggelar uji swab di dua tempat pada Senin, 10 Agustus 2020. Total ada 76 orang menjalani swab.

Swab pertama digelar di Polres Kuansing diikuti sebanyak 25 orang merupakan hasil tracing dengan tiga tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian pelaksanaan swab juga dilaksanakan di Lapas Kelas II Teluk Kuantan diikuti sebanyak 51 orang yang sebagian besar merupakan warga binaan.

"Tadi (Senin,red) ada dua tempat pelaksanaan swab, pertama di Polres diikuti 25 orang dan di lapas ada 51 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kuansing, Jumardi, Senin, 10 Agustus 2020.

Jumardi mengatakan, untuk swab yang di Polres merupakan hasil tracing atau penelusuran kontak terhadap tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara untuk swab di Lapas Teluk Kuantan, katanya, merupakan permintaan dari Lapas Teluk Kuantan dan tidak ada hubungan dengan tiga tahanan terkonfimasi positif Covid-19.


"Untuk swab di Lapas itu permintaan pihak Lapas, dan tidak ada hubungan dengan tiga tahanan terkonfirmasi positif Covid-19," katanya.

Ditanya dari mana ketiga tahanan tersebut bisa tertular, Jumardi mengatakan, belum mengetahui pasti dengan siapa ketiga tahanan ini kontak langsung sehingga bisa tertular dan positif Covid-19.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing dititip di Polsek Pangean terkonfirmasi positif Covid-19. Belum diketahui darimana ketiga tahanan ini terpapar Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin membenarkan ada penambahan tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kuansing.

"Hari ini ada penambahan kasus konfirmasi positif tanpa gejala berasal dari tahanan kejaksaan yang dititipkan di Polsek Pangean," kata dr Amel melalui keterangan tertulisnya di grup WA Gugus Tugas Covid-19, Jumat, 7 Agustus 2020.

Disampaikan Amel, sebelumnya ketiga tahanan ini dilakukan pemeriksaan KIR Kesehatan dan rapid tes, Selasa, 4 Agustus 2020. "Hasilnya reaktif dan dilanjutkan pemeriksaan swab dan hari ini (Jumat,red) keluar hasilnya Positif," ujar Amel.

Ketiga tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut diantaranya Tn M (25) asal Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat. Tn M (25) oleh Gugus Tugas Provinsi Riau dilabeli pasien 630 terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian Tn PB (33) dan Tn AK (26) keduanya berasal dari Kuantan Tengah. Keduanya dilabeli pasien 632 dan Tn AK (26) dilabeli pasien 630 terkonfirmasi positif Covid-19 oleh Provinsi Riau.