Esok, 86 Warga Dua Desa di Kuansing Jalani Test Swab Massal

Swab2.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 86 warga dua desa yakni desa Beringin Jaya dan Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir akan menjalani test swab secara massal, Senin esok, 22 Juni 2020.

Test swab massal digelar karena adanya kasus konfirmasi positif di dua desa tersebut.

Berdasarkan hasil tracing, diduga ada puluhan warga pernah kontak langsung dengan tiga konfirmasi positif diantaranya Tn GH (45), Tn RS (45), Ny RM (42). Kini Tn GH yang sudah dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang, dua masih dirawat.


Kepastian tes swab massal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, Agusmandar, Sabtu, 20 Juni 2020 malam.

"Swab massal Insyaallah dilaksanakan hari Senin (besok,red) di desa Suka Maju. Swab massal dilakukan berdasarkan hasil tracing warga yang kontak dengan tiga pasien terkonfirmasi positif," ujar Agusmandar melalui keteranganya di grup Whatshapp Gugus Tugas.

Agusmandar mengatakan, pelaksanaan swab massal diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Dinkes Kuansing. "Peserta swab massal merupakan warga dua desa yakni Suka Maju dan Beringin Jaya," kata Agusmandar yang juga menjabat sebagai Asisten III Setda Kuansing ini.

Diberitakan sebelumnya, ketiga konfirmasi positif Covid-19 semuanya berasal dari Kecamatan Singingi Hilir masing-masing Tn GH (45) merupakan pasien 122 positif Covid-19 di Riau. Tn RS (45) pasien 123 positif Covid-19 di Riau dan Ny RM (42) pasien 124 positif Covid-19 di Riau.

Dua merupakan warga Beringin Jaya dan satu lagi warga Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir. Ketiganya ditetapkan positif Covid-19 pada Sabtu, 13 Juni 2020 lalu. Ketiganya juga orang tanpa gejala (OTG).

Ketiganya merupakan hasil tracing dan kontak erat dari pasien positif kasus ke 120 Ny. TJM (40) warga Provinsi Kepulauan Riau yang sedang berkunjung ke Provinsi Riau dan memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Sumatera Utara. Kini TJM sudah dinyatakan sembuh sejak, Sabtu, 13 Juni 2020 lalu.