Warga Bangkinang Pasien Ke-11 Positif Covid-19 di Riau

jubir.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang warga Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, dinyatakan positif Covid-19 usai hasil swabnya keluar. HN (38) merupakan pasien ke-11 di Riau terjangkit Virus Corona.

Pasien ini memiliki riwayat bepergian dinas keluar kota, Jakarta, 14 Maret 2020 silam. Kini HN dirawat di RSUD Bangkinang, Kampar, 60 km dari ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru.

"Per hari Minggu, 5 April 2020, hari ini di Provinsi Riau terdapat penambahan 1 kasus positif Covid-1. Sehingga total di Riau terdapat 11 kasus positif. Dari jumlah tersebut, 10 di antaranya dirawat dan 1 sudah sembuh dan dipulangkan," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi, SpA, Minggu, 5 aPRIL 2020.

Ia menjelaskan, Gugus Tugas bersama Dinas Kesehatan dan Kepolisian sedang menelusuri siapa saja dan kemana HN (38) melakukan interaksi sosial.


 

"Dalam melakukan penelusuran ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dan Polda Riau," katanya.

Dengan adanya penambahan kasus ini, pihaknya kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik. Lakukan pembatasan fisik (physical distancing).

Meskipun tidak sakit, kata dr Indra Yopi, belum tentu orang yang kita temui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Pilihan terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian.

"Bila harus keluar, gunakan masker, lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak sama sekali," katanya.

Selain itu, dr Indra Yopi juga mengajukan agar masyarakat rutin mencuci tangan, lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer. Kemudian jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran.

"Berolahraga rutin, konsumsi vitamin yang cukup," katanya. (*)