Pasien Positif Corona di Riau Bertambah Satu Orang, Warga Kampar Baru Pulang dari Jakarta

jubir.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kasus pasien positif corona atau Covid-19 di Riau terus bertambah. Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi kembali mengumumkan penambahan satu pasien positif corona, Minggu 5 April 2020. Dengan adanya pemanbahan satu pasien positif corona ini, maka jumlah pasien positif Corona di Riau sudah mencapai 11 orang.

"Per hari Minggu 5 April 2020 hari ini di Provinsi Riau terdapat penambahan 1 kasus positif covid-19 sehingga total di Provinsi Riau terdapat 11 kasus positif. 10 dirawat dan 1 sudah dipulangkan," kata ketua tim medis penanganan Covid-19 RSUD Arifin Ahmad ini.

Berdasarkan keterangan dr Indra Yopi, pasien 11 positif covid-19 di Riau adalah pasien HN (38) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Kampar.

Pasien HN (38) memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Jakarta tanggal 14 Maret 2020 lalu. Dengan penambahan kasus positif ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dari pasien HN (38).


"Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dan Polda Riau," katanya.

Dengan adanya penambahan kasus ini, pihaknya kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik. Lakukan pembatasan fisik (physical distancing).

Meskipun tidak sakit, kata dr Indra Yopi, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian.

"Bila harus keluar, gunakan masker, lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak sama sekali," katanya.

Selain itu, dr Indra Yopi juga mengajukan agar masyarakat rutin mencuci tangan, lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer. Kemudian jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran.

"Berolahraga rutin, konsumsi vitamin yang cukup," katanya. (*)