Cegah Covid-19, Polisi Bubarkan Warga Berkumpul di Warung-warung dan Kafe

Polisi-Bubarkan-Kerumunan-Warga.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Polda (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memimpin langsung patroli meminta warga dan pedagang untuk segera pulang ke rumah masing-masing. Langkah ini dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Senin malam (23/3/2020).

Patroli skala besar ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Kapolri larangan serta membubarkan warga berkumpul dalam jumlah banyak di tempat umum.

Kapolda memimpin patroli bersama para Pejabat Utama di tempat keramaian dan berkumpulnya masyarakat seperti di Jalan Sudirman, A Yani, Riau, Soekarno-Hatta hingga Arifin Achmad.

“Kita menggelar patroli skala besar malam hari ini menjaga keselamatan masyarakat di Riau. Kita harus melakukan upaya dan tindakan nyata untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Keselamatan masyarakat hal utama, mari kita wujudkan itu secara bersama-sama," pinta Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.


Dalam patroli besar ini, diturunkan personel dari Samapta, Brimob, Krimum, Krimsus, Intel, Lantas serta Polresta Pekanbaru. Tim terbagi dalam dua kelompok sasaran bergerak setelah mendapatkan arahan dari Karo Ops Polda Riau, Kombes Pol Rahmad Hidayat bersama Dansat Brimob, Kombes Abdul Hasyim.

Tak hanya di jalanan, Kapolda Riau juga menurunkan Polisi Air (Polair) berpatroli menyusuri Sungai Siak meminta warga sedang duduk-duduk di tepian sungai untuk membubarkan diri.

Direktur Polairud Kombes Badarudin memimpin patroli air dengan mengerahkan 8 unit kapal patroli, 1 unit RIB serta 1 unit tactical untuk mengawasi dan antisipasi di pelabuhan tikus serta Tim Open Ship untuk sosialisasi.

Patroli ini polisi mengimbau masyarakat yang berkumpul untuk pulang ke rumah masing-masing guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menggunakan pengeras suara, Polisi meminta warga masih nongkrong di pinggiran jalan agar pulang ke rumah masing-masing segera.

"Saudara saudara sekalian, kami dari Kepolisian Daerah Riau meminta dan mengajak seluruh masyarakat menjaga kesehatan dengan membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Untuk mencegah peredaran Virus Corona, kami meminta bagi yang sudah tidak ada kegiatan, silahkan bubarkan diri, segera pulang ke rumah. Imbauan jaga jarak agar ditaati demi kesehatan dan keselamatan kita bersama," pinta polisi dengan menggunakan pengeras suara.

Petugas membubarkan berkumpulnya masyarakat di cafe cafe sepanjang Sudirman dan warung warung sekitaran purna MTQ.