PC Ansor Kuansing Ajak Kader dan Masyarakat Tingkatkan Toleransi Antar Umat Bergama

anshor.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pengurus Cabang Ansor Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengajak seluruh kader dan masyarakat untuk terus meningkatkan toleransi antar umat beragama.

Menurut Ketua PC Ansor Kuansing, Agustyawan, sikap toleransi perlu dipertahankan untuk menjaga situasi yang damai, tentram dilingkungan masyarakat demi terciptanya bangsa yang kokoh.

"Kita mengajak seluruh kader dan elemen masyarakat yang ada untuk terus meningkatkan toleransi antar umat beragama," kata Agustyawan, Selasa, 17 Desember 2019.

Ini mengingat sebentar lagi saudara-saudara kita khususnya umat Kristiani akan melaksanakan Hari Raya Natal. Dimana Hari Raya Natal jatuh pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya.

"Jelang Natal dan tahun baru mari kita saling meningkatkan toleransi antar umat beragama," katanya.

Menurut Agustyawan, sikap toleransi perlu selalu kita pertahankan mengingat bangsa kita sangat beragam, mulai dari bahasa, suku,agama, hingga kultur dan warna kulitnya. Jika sikap toleransi ini terus terbangun dengan baik, maka kehidupan umat beragama akan damai dan tentram.

"Apalagi dalam agama kita diajarkan tentang ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Basyariah dan ukhuwah Wathoniah. Dua ukhuwah terakhir ini yang kita terapkan dalam kontek kehidupan berbangsa dan bernegara," tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa toleransi antar umat beragama merupakan pondasi dalam berbangsa dan bernegara, sehingga hal ini harus terus dipupuk dan dijaga ditengah-tengah masyarakat, agar tercipta keharmonisan antar umat bergama.

Sebagai wujud nyata katanya, dalam waktu dekat ini PC Ansor Kuansing akan melaksanakan pengajian umum dan diklat terpadu dengan menghadirkan KH. M. Faris Al Haq dari Ponpes Buntet Cirebon, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Pihaknya juga akan mengajak seluruh kader untuk terus menjaga sikap toleransi di tengah-tengah masyarakat, sehingga wujud toleransi bisa dapat langsung di terapkan di tengah masyarakat Kuansing yang beragam. (rilis)