Kapolresta Pekanbaru Pingsan Terhimpit dan Terinjak Massa

Kapolresta-Pekanbaru-Pingsan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kali kedua, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, menjadi korban dalam pengamanan aksi unjuk rasa di DPRD Riau. Sebelumnya, Jumat, 20 Oktober 2017, kepala Kapolresta mengalami luka-luka dan berdarah. 

Kali ini, Kombes Pol Susanto terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat pingsan setelah terhimpit dan terinjak-injak pelajar serta mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Riau, Kota Pekanbaru, Kamis sore, 26 September 2019.

Aksi unjuk rasa awalnya berjalan damai itu mendadak rusuh ketika massa mendesak untuk masuk ke dalam gedung dan menemui anggota DPRD Riau.

Sementara Santo, begitu sapaan akrab Kapolresta saat kejadian berlangsung membentuk pagar betis dengan cara duduk bersama anggotanya. Situasi yang semakin panas disertai dorongan membuat dirinya terhimpit hingga diduga kekurangan oksigen hingga pingsan.

Kapolresta Pingsan


 

"Info awal, Pak Kapolresta terkena himpit massa pendemo saat kapolresta mengajak mahasiswa untuk duduk (kapolresta posisi duduk duluan)," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto.

Selain Kapolresta, informasi yang diperoleh dari lapangan diketahui seorang peserta aksi juga harus dilarikan untuk mendapatkan pertolongan medis.

 

Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Produk Hukum Sekretariat DPRD Riau Muflihun yang tepat berada di dekat kapolres saat kejadian menyebut bahwa korban terhimpit oleh beberapa orang.

Sementara, seorang pelajar SMA yang menggunakan seragam juga menjadi korban. Pelajar itu tampak lemas dan mengeluh kesakitan. Beberapa anggota langsung membawa dirinya dengan menggunakan tandu ke ambulans.