Polisi Ringkus 2 Pembunuh Sadis di Kebun Sawit, Dalangnya Masih Buron

Ilustrasi-Borgol.jpg
(internet)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jajaran Polres Rokan Hilir, Provinsi Riau menangkap dua pelaku pembunuhan sadis di areal perkebunan sawit.

Salah seorang tersangka terpaksa dilumpuhkan karena melawan dan berusaha kabur saat penangkapan berlangsung.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto mengatakan, pelaku pembunuhan tersebut ada 4 orang namun yang baru ditangkap masih 2. Kedua pelaku yaitu Suparjo (44) dan Supriyanto (34).

"Dua pelaku yang kita tangkap ini selaku eksekutor yang diduga melakukan pembunuhan terhadap korban. Keduanya merupakan warga setempat," ujar Sigit, Rabu (30/1).

Pelaku pertama yang ditangkap yakni Suparjo warga Desa Harapan Makmur. Dia ditangkap polisi saat berada di samping rumahnya. Suparjo ditangkap tanpa ada perlawanan.

"Peran Suparjo sebagai eksekutor pertama yang memukul korban dengan tongkat," kata Sigit.

Kemudian polisi mendapat keterangan nama pelaku lain, yaitu Supriyanto. ‎Mendengar pengakuan itu, polisi melakukan pengejaran pelaku lainnya itu. Tidak butuh waktu yang lama setelah penangkapan tersangka pertama, kemudian polisi melakukan penangkapan terhadap Supriyanto di dalam rumahnya, Desa Harapan Makmur.

"Tersangka kedua berhasil diamankan dan diminta keterangan untuk melakukan pengembangan. Dia juga sebagai eksekutor kedua turut membantu pembunuhan korban," jelas Sigit.


Selanjutnya polisi mengantongi nama pelaku lainnya yaitu tersangka Ra dan Ri. Saat pengejaran kepada tersangka Ra, polisi membawa Suparjo karena dia yang berhubungan langsung dengan Ra.

Tersangka Suparjo menunjukkan bahwa Ra berada di kandang ayam, dan petugas berjalan kaki menuju tempat tersebut. Namun, tiba-tiba tersangka Suparjo berusaha melarikan diri dengan menghentakan pegangan dari petugas.

"Petugas berusaha mengejar dan melepaskan tembakan peringatan ke atas sebanyak 2 kali. Namun tersangka tetap tidak mau berhenti, lalu salah petugas menembak kaki kanan pelaku," kata Sigit.

Tak ayal, Suparjo langsung jatuh dan dapat diamankan kembali oleh polisi. Kemudian tersangka dibawa ke Puskesmas bagan batu untuk mendapat perawatan.

Kedua pelaku diatas disebut dengan sengaja menghilangkan nyawa Sudarmono alias Ucok Klewang (40), warga Kampung Harapan, Kelurahan Bagan Sinembah Kota Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Rohil, Senin awal pekan ini.

Sigit menjelaskan, ‎mayat pelaku ditemukan di dalam perkebunan kelapa sawit Kampung Harapan, Kelurahan Bagan Sinembah Kota Kecamatan Bagan Sinembah Raya.
Dua pelaku yang ditangkap ini merupakan orang suruhan dari dua pelaku yang masih buron, yakni inisial Ra dan Ri.

"Dua pelaku lain Ra dan Ri yang menjadi dalang atau otak pelaku atas kasus pembunuhan ini masih kita kejar‎," ucap Sigit.

Dari keterangan kedua pelaku, motif pembunuhan yang mereka lakukan karena dendam. Sebab, selama ini korban dikenal sebagai preman yang meresahkan di kampung tersebut.

"Keterangan mereka, karena dendam. Jadi yang dua lagi belum ditangkap ini merasa sakit hati dengan korban, sehingga terjadi pembunuhan. Tapi nanti kita dalami lagi, jika dua dalang pembunuhan ini kita tangkap," tegas Sigit.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id