Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara Akan Dianugerahkan ke Jokowi

Presiden-Jokowi-terima-Lembaga-Adat-Melayu-Riau.jpg
(Yudhistira Amran Saleh/Kumparan)


RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau di Istana Merdeka, Jakarta. Kunjungan itu untuk menyampaikan rencana pemberian gelar adat kepada Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, LAM Riau menyampaikan niatnya untuk menganugerahi gelar adat Melayu kepada Jokowi setelah melalui berbagai musyarawah yang menghasilkan mufakat.

"Melalui beberapa kali musyawarah, melalui sejumlah kesepakatan, maka insyaallah, insyaallah kita sudah bermufakat memberikan ucapan dan terima kasih sekalung budi, pertanda kita menyampaikan terima kasih. Nah, yang dapat kita lakukan oleh Lembaga Adat Melayu Riau itu yang tertinggi adalah dengan memberikan gelar," kata Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Seri Al Azhar di Istana Merdeka, seperti dilansir dari detikcom, Selasa, 4 Desember 2018.

Baca Juga: Di Istana Merdeka, LAM Riau Pinang Jokowi Terima Pemberian Gelar Adat

Rencananya Jokowi akan dianugerahkan gelar 'Datuk Seri Setia Amanah Negara'. "Yang berarti bahwa beliau adalah seorang yang besar, petinggi, datuk yang berseri-seri, bercahaya, untuk memegang amanah negara yang dibebankan kepada beliau," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Harian LAM Riau Datuk Seri Syahril Abubakar mengatakan rencananya gelar itu diberikan langsung kepada Jokowi di Pekanbaru, Riau, pada 15 Desember 2018.

Klik Juga: Pro Kontra Pemberian Gelar Jokowi, Dewan: Gelarnya Itu Gelar Apa?


 

"Kami sekarang menyampaikan dan, jika beliau berkenan, tampaknya beliau berkenan tanggal 15 Desember 2018. Insyaallah," kata Syahril.

Ditegaskan Syahril, tidak ada motivasi politik dalam pemberian gelar tersebut. Melainkan, kata dia, gelar diberikan murni karena adat.

"Tidak (tidak ada unsur politik). Kami murni secara adat. Kami tak masuk ke ranah politik. Kami murni masyarakat adat Melayu Riau ingin memberikan murni tanda ingatan kami karena kami sudah ditolong. Masyarakat adat sudah terbantu dengan kebijakan-kebijakan yang kita lihat sangat menguntungkan masyarakat adat," jelas Syahril.

Lihat Juga: Syarwan Hamid: Apa Jasa Jokowi Untuk Riau Sehingga LAM Beri Gelar Adat

Hadir dalam pertemuan ini Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dan Ketua DPRD Riau Septina Primawati. Hadir juga Kapitra Ampera dengan gelar Datuk Rangkai Puja Bestari selaku penghubung.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id