Kabut Asap Pekat Kembali Selimuti Pangkalan Kerinci

Kabut-asap-di-pangkalan-kerinci.jpg
(ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - Kabut asap kembali menyelimuti Kota Pangkalan Kerinci, Pelalawan hari ini, Jumat 28 September 2018. Bahkan, jelang siang hari, kabut asap muncul dengan pekat dan sangat terasa di hidung saat dihirup.

Pandangan semakin terhalang, hingga matahari yang sebelumnya tampak jelas menjadi tak kelihatan lagi.

"Angin kencang dan arahnya ke kita sekarang. Seperti kemarin," ujar Kapolres Pelalawan, AKBP Kaswandi Irwan SIK, Jumat 28 September 2018.

Asap yang kian tebal mulai dikeluhkan masyarakat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

"Asapnya makin pekat, padahal tadi pagi belum ada. Ini sama kayak kemarin," ungkap Hasmir (33).

Keluhan serupa disampaikan pegawai lainnya, asap yang kian menebal ini mulai mengganggu penglihatan saat berkendaraan. Tampak beberapa orang mengenakan masker untuk menghindari pekatnya kabut asap.

Keadaan ini bertolak belakang dengan kondisi di Pangkalan Kerinci Jumat pagi. Saat pagi, udara terasa segar tanpa ada rasa asap. Kondisi yang sama sejak dua hari yang lalu.


Dugaan jika asap merupakan kiriman dari daerah lain terbukti benar. Lantaran Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pelalawan telah berhasil dipadamkan semuanya.

"Jadi berdasarkan koordinasi kita dengan BMKG dan BPBD Riau, arah angin berubah sejak sore kemarin. Makanya asap yang sebelumnya terbawa dari daerah lain, dialihkan lagi," beber Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio.

Akibat asap tipis yang timbul sehari kemarin, seluruh tim darat gabungan di setiap rayon kecamatan langsung siaga.

Tim di kecamatan diperintahkan untuk bergerak meningkatkan patroli dan pemantauan di semua areal bekas terbakar serta lokasi yang rawan terpanggang.

"Kami tim Satgas Kabupaten langsung memerintahkan tim di kecamatan. Hasilnya semua clear dan tidak ada titik api," tambahnya. (****)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id